BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Keadaan darurat di Haiti setelah pembunuhan presiden dan ‘penyerang datang dari luar negeri’

Pemerintah di Haiti mengumumkan keadaan darurat setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moise. Langkah ini dimaksudkan untuk melacak mereka yang bertanggung jawab atas serangan itu dan akan tetap berlaku selama dua minggu.

Presiden Moyes diserang tadi malam oleh penyerang bersenjata berat Dia ingin dia mati Di rumahnya di dekat ibu kota, Port-au-Prince. Istrinya, Martine Mossi, terluka dan dalam kondisi kritis di rumah sakit. Dia sedang diterbangkan ke Miami untuk perawatan lebih lanjut, menurut duta besar Haiti untuk Amerika Serikat.

Duta Besar mengatakan pembunuhan itu adalah pekerjaan “komando terlatih” dan “tentara bayaran asing” berpakaian sebagai agen DEA.

Perdana Menteri Sementara Claude Joseph, yang mengatakan dia sekarang bertanggung jawab, berbicara tentang “tindakan barbar”. Dia menyatakan bahwa para penyerang adalah “orang asing yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol.” Bahasa resmi Haiti adalah Kreol dan Prancis. Perdana menteri sementara tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang serangan itu, juga tidak mengatakan apakah ada tersangka yang telah ditangkap.

Perdana Menteri Sementara

Joseph memanggil warga untuk tenang. “Situasi terkendali,” katanya. “Demokrasi dan Republik akan menang.”

Belum diketahui bagaimana kelanjutannya. Kemarin presiden menunjuk perdana menteri baru, tapi Ariel Henry ini belum dilantik. Salah satu opsi paling logis untuk posisi presiden adalah meninggalnya Ketua Mahkamah Agung karena Corona bulan lalu. Seorang penerus belum ditunjuk. Claude Joseph baru menjadi perdana menteri sementara sejak April, menyusul pengunduran diri perdana menteri sebelumnya.

Bencana alam, kekerasan dan kemiskinan

Sejarah Haiti baru-baru ini ditandai dengan gejolak politik. Jovenel Moss berkuasa pada 2017 setelah pemilihan yang kacau. Dia segera dituduh korupsi dan pada musim semi ribuan demonstran menuntut kepergiannya.

READ  Cina membatasi perbatasannya di puncak Gunung Everest | di luar negeri

Pada bulan Februari, Musi mengizinkan lebih dari dua puluh lawan memilih atau memilih Siapa bilang mereka sedang mempersiapkan kudeta. Apalagi, presiden berselisih dengan oposisi mengenai kapan masa jabatannya akan berakhir, tahun ini atau tahun depan.

Ada kekhawatiran bahwa pembunuhan itu akan memperburuk kerusuhan di Haiti, yang selain kekacauan administrasi, juga diganggu oleh korupsi, bencana alamkekerasan dan kemiskinan. Hampir 60 persen penduduk negara itu hidup di bawah garis kemiskinan.

tanggapan global

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Guterres mengutuk pembunuhan itu “dalam istilah yang paling keras”. Suara serupa terdengar dari komunitas internasional lainnya.

Republik Dominika menutup perbatasannya dengan satu-satunya tetangga terdekatnya, Haiti, setelah pembunuhan itu. “Kejahatan ini merupakan serangan terhadap demokrasi Haiti dan kawasan,” kata Presiden Dominika Luis Abenador.

Perdana Menteri sementara Haiti Joseph telah meminta PBB untuk mengadakan pertemuan Dewan Keamanan sesegera mungkin.