BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kedengarannya berbeda di Mars daripada di Bumi

Temuan mereka Diposting hari ini Dalam jurnal ilmiah terkemuka Nature.

Para ilmuwan menggunakan mikrofon di penjelajah Mars Perseverance untuk mendengarkan suara. Mereka mendengar kecerdasan helikopter robotik yang terbang di depannya. Mengetahui persis di mana lampu sorot berada, di mana dan kapan helikopter terbang, mereka dapat menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan suara untuk mencapai mikrofon.

suasana lebih ramping

Bunyi merambat dengan kecepatan 240 meter per detik, sedangkan di Bumi merambat dengan kecepatan 340 meter per detik. Ini sudah diduga: atmosfer di Mars jauh lebih tipis, yang berarti gelombang suara merambat lebih lambat.

Tetapi tindakan lain tidak terduga. Mikrofon juga merekam bagaimana lampu sorot menembakkan sinar laser ke batu untuk mengukur komposisinya. Suara laser bergerak dengan kecepatan 250 meter per detik, yang merupakan kecepatan yang berbeda dari suara helikopter.

Setiap suara berbeda

Sementara Bumi memiliki satu kecepatan suara, ternyata Mars memiliki dua kecepatan suara: nada tinggi lebih cepat daripada nada rendah, sehingga setiap suara akan terdengar sangat berbeda.

READ  WhatsApp dirubah: awan teks bulat dan reaksi emoji