BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Keliling dunia dengan SUV Anda

“Kelihatannya tidak bagus,” kata Rocco Langenberg, melihat roda gigi dari girboks Toyota Land Cruiser. “Itu menghabiskan banyak logam. Kami akan mengganti peralatan ini.” Di bengkel Wheels Unlimited, di Beesd di Gelderland, sisa gearbox ada di atas meja. Land Cruiser akan segera dijual, dan dimiliki oleh pasangan yang melakukan perjalanan dunia bersamanya dan melakukan perjalanan melalui Tibet ke Indonesia dan melalui Turkmenistan dan Iran. “Aku akan mengembalikan mobil itu. Kemudian orang lain bisa menggunakannya.”

Wheels Unlimited menyiapkan mobil untuk pelancong di seluruh dunia. Perusahaan ini mengkhususkan diri pada Toyota. Hari ini, Langenberg juga bekerja dengan klien yang mengerjakan mobilnya sendiri. “Saya mendorongnya. Dengan cara ini Anda belajar memecahkan masalah sendiri.” Menurut Langenberg, perbaikan seringkali tidak serumit kelihatannya. Sistem bahan bakar yang tersumbat di tengah gurun bukanlah alasan untuk panik. Ini biasanya dapat diatasi dengan beberapa tindakan sederhana. Dan jika tidak berhasil, Anda selalu dapat menghubungi saya. Jika perlu, kirim suku cadang ke Afrika. ”

Baca juga: Daya pikat celah gunung yang berkelok-kelok

Sekarang setelah pandemi Corona berakhir dan semakin banyak perbatasan dibuka, sekali lagi mungkin untuk melakukan perjalanan keliling dunia dengan mobil Anda sendiri. Di Facebook dan media sosial lainnya Anda akan menemukan banyak “pengunjung”, begitu mereka menyebut diri mereka, dengan rencana untuk melakukan perjalanan keliling dunia. Mereka mengirimkan mobil mereka ke AS, untuk berkendara dari Alaska ke Tierra del Fuego, atau mereka berkendara ke Afrika atau Asia. Beberapa pelancong berada di jalan selama beberapa bulan, yang lain selama bertahun-tahun.

Untuk perjalanan darat yang luar biasa, Anda membutuhkan kendaraan yang tepat. Jaringan jalan di mana-mana tidak sebaik di Belanda. Anda tidak dapat pergi ke banyak tempat dengan rumah mobil biasa. Jalan sering kali hanya dapat dilalui dengan penggerak empat roda yang ditinggikan. Itulah sebabnya banyak pelancong di seluruh dunia berangkat dengan kendaraan off-road khusus dengan tenda di atap atau tempat tidur di dalam mobil. Truk pickup juga sangat populer. Beberapa perusahaan di Belanda mengkhususkan diri dalam persiapan jenis kendaraan ekspedisi ini.

READ  Pembaruan pasar saham: tarif merah di Brussel

Parkir pantai

“Dengan kendaraan roda empat, Anda dapat berkemah di tempat yang indah,” kata Paul van der Beek, pemilik PSP Expedition Campers di Huissen. “Saya membangun semua jenis fasilitas, sehingga Anda dapat sepenuhnya mandiri.” Di banyak tempat di Maroko, Anda dapat memarkir mobil Anda di pantai di tepi Samudra Atlantik, dan meninggalkannya di sana selama beberapa hari. “Ini bagus untuk peselancar klien saya. Dengan mobil biasa, Anda tidak bisa hanya pergi ke pantai, karena Anda berada di pasir. Tapi di 4WD, Anda bisa berkendara langsung melewati bukit pasir tanpa masalah.”

Di bengkelnya, Van der Beek menunjukkan Land Cruiser di mana dia baru saja memasang atap pengangkat khusus, sehingga Anda dapat parkir di dalam mobil dan ada ruang untuk kamar tidur. “Hapus beberapa dongkrak dan atap dengan pegas udara akan naik secara otomatis. Anda selesai dalam tiga puluh detik.” Itu juga memasok mobil dengan dapur kecil dengan gas dan air mengalir. “Dan saya memasang panel surya di atap, sehingga Anda dapat menghasilkan listrik sendiri di mana-mana.”

Jika Anda membeli mobil yang sama sekali baru dan mengubahnya menjadi gerobak, Anda dapat dengan mudah kehilangan lebih dari 100.000 euro. Tapi itu bisa jauh lebih murah. Pada prinsipnya, all-wheel drive sekitar 10.000 euro juga cukup. Anda mungkin harus memperbaiki lebih banyak cacat di sepanjang jalan, tetapi keuntungannya adalah bahwa biaya tenaga kerja di tempat lain di dunia seringkali jauh lebih rendah daripada di Belanda.

Sistem bahan bakar yang tersumbat di tengah gurun seharusnya tidak menyebabkan kepanikan

Anda juga dapat menghemat konstruksi. Tidak selalu harus memiliki dapur atau tempat tidur, Anda juga bisa meletakkan tenda di samping mobil dan memasak di atas kompor gas di lantai. Kisah yang sama berlaku untuk semua jenis gadget. Tangki air dengan cerat dan pompa mudah digunakan, dan kaleng air curah juga cukup. Atau ambil sistem navigasi mahal yang dipasang beberapa pelancong di seluruh dunia. Google Maps di ponsel Anda juga sangat membantu.

READ  TikTok sedang mengerjakan layanan streaming musiknya sendiri

“Pendapat berbeda tentang mobil terbaik untuk perjalanan keliling dunia,” kata Martin van de Berg, pemilik AutoKey Course.nl, yang menyelenggarakan hari-hari khusus untuk pelancong di seluruh dunia. Beberapa bersumpah dengan Land Rover, yang lain mengklaim Toyota Land Cruiser adalah mobil perjalanan terbaik. “Tapi ada juga orang yang benar-benar ingin berkeliling dunia dengan Volkswagen tua. Saya yang terakhir menyarankan untuk tidak melakukannya. Saya tidak ingin menggambar, tetapi yang paling mudah. ​​Mobil terbaik untuk perjalanan dunia adalah yang satu itu. yang membuatmu merasa lebih baik.”

Tidak dapat menemukan komputer

Yang harus Anda ingat, menurut Van de Berg, adalah bahwa mobil tua biasanya lebih mudah diperbaiki sendiri daripada yang baru. “Mobil modern penuh dengan elektronik. Jika terjadi kerusakan, komputer khusus diperlukan untuk membaca kerusakan. Anda tidak dapat menemukan komputer seperti itu di banyak bagian dunia, seperti daerah pedesaan Afrika.” Dan ada baiknya memilih mobil yang populer di negara yang Anda tuju, sehingga garasi dan suku cadang khusus mudah ditemukan. “Itulah mengapa begitu banyak orang memilih Toyota Land Cruiser. Ini adalah penggerak empat roda yang paling banyak digunakan di seluruh dunia karena keandalannya.” Ini adalah salah satu dari sedikit model baru yang masih tersedia tanpa komputer terpasang.

Siapa pun yang memilih itu menyerahkan poin lainnya. Old Land Cruiser dan Land Rover terlihat seperti monster rumit di belakang kemudi, membuat banyak kebisingan dan tidak unggul dalam kenyamanan. Juga memancarkan karbon dioksida2 Dan zat berbahaya lainnya seperti jelaga dan belerang relatif tinggi. Mereka sering dilengkapi dengan mesin diesel, dan tidak lagi diizinkan di banyak kota besar di Eropa. Anda kemudian dapat memasang filter partikulat khusus, tetapi filter tersebut sebagian membatasi polusi. Ekonomi di mesin diesel tua menyisakan banyak hal yang diinginkan.

READ  Menumbuhkan bunga terbesar dan paling bau adalah tugas yang menakutkan - National Geographic

Beberapa garasi menawarkan opsi untuk melengkapi motor penggerak semua roda dengan penggerak listrik. Tetapi keuntungan lingkungan yang Anda buat dengan ini, Anda kalah dalam hal keandalan. Di banyak bagian dunia hampir tidak ada mobil listrik di jalan, jadi bantuan pinggir jalan bahkan tidak dekat. Apakah menurut Anda lebih penting berkendara keliling dunia dengan cara yang ramah lingkungan, atau Anda lebih suka parkir sesedikit mungkin? Ini juga merupakan pilihan pribadi.

Baca juga: Kendaraan off-road paling romantis di dunia: harganya tiga ton dan tidak berkendara satu meter

“Kami menjual hampir semua yang Anda butuhkan untuk perjalanan keliling dunia,” kata Patrick Verholst, Manajer Lokakarya dan Suku Cadang di Jansen Laro Parts. Sejumlah produk liar dipajang di area resepsionis perusahaan di Udenhout di Brabant. Di dinding ada soket bak truk untuk mengangkat mobil Anda keluar dari lumpur. Ada pelat jalan yang meluncur di bawah roda untuk mencegahnya tenggelam lagi. “Kami memperbaiki dan menyesuaikan mobil,” kata Verholst. “Misalnya, kami dapat memasang pendingin yang sangat besar, sehingga Anda memiliki lebih banyak kapasitas pendinginan di gurun.”

Jansen Laro Parts mengkhususkan diri dalam kendaraan Land Rover. Verhulst menunjukkan penembak biru yang baru saja dipersiapkan untuk penerbangan keliling dunia. Mobil memiliki winch di bumper, dan dilengkapi dengan tempat tidur dan dapur. Mobil berikutnya yang harus dia kerjakan, Discovery, ada di sebelahnya. “Krisis Corona telah membuat kita semakin sibuk.” Karena perjalanan jauh tidak memungkinkan, orang-orang mulai mencari alternatif. Bahkan sekarang telah membuat lebih banyak penerbangan, itu masih sibuk. “Pelanggan yang memiliki Land Rover tua di gudang mereka memutuskan untuk mempersiapkannya untuk perjalanan keliling dunia. Ada begitu banyak antusiasme sehingga kami hampir tidak bisa menangani pekerjaan itu.”