BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kenaikan suku bunga membebani saham Asia


Foto: ANP

Saham Asia jatuh dengan suara bulat pada hari Jumat. Kenaikan suku bunga di seluruh dunia terus membebani sentimen pasar saham. Awal pekan ini, Federal Reserve AS menaikkan suku bunga sebesar 0,75 poin persentase. Suku bunga juga naik di Inggris, Swiss dan Norwegia, dan di Asia hal yang sama terjadi di Filipina, Indonesia dan Taiwan, yang sebagian menentukan sentimen pasar.

Sementara itu, Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,9 persen, dan indeks di China daratan juga melemah. Pasar saham di Shanghai kehilangan 1,1 persen dan di Shenzhen minus 1,8 persen.

Di Australia, investor kembali dari hari libur. Di sana, The All Ordinaries turun 2,3 persen. Aktivitas sektor swasta di Australia sedikit meningkat, menurut peneliti pasar S&P Global. Hal ini terutama disebabkan oleh industri. Kospi di Seoul turun 1,6 persen pada akhir hari perdagangan.

Di Jepang, investor mendapat hari libur. Pelemahan yen tetap menjadi perhatian negara, meskipun intervensi valuta asing pertama Tokyo sejak 1998 untuk menopang mata uang. Langkah tersebut gagal mengatasi akar penyebab pelemahan mata uang, yaitu melebarnya kesenjangan antara kebijakan moneter longgar di Jepang dan tingkat suku bunga yang lebih tinggi di negara lain. Hal ini membuat yen melemah.

READ  Perusahaan daur ulang yang diduga membuang sampah secara ilegal di sebuah lokasi di Moerdijk