BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kesepakatan kontroversial yang dibintangi Schulz

Badan Perlindungan Lingkungan

NOS. Beritadiubah

  • Charlotte Wiggers

    reporter jerman

  • Charlotte Wiggers

    reporter jerman

Ada perlawanan besar di parlemen Jerman, di enam kementerian, dan bahkan di Kabinet. Namun, hari ini Jerman memberikan persetujuannya: sebagian pelabuhan Hamburg akan menjadi milik Cina. Kanselir Schultz memainkan peran penting dalam kesepakatan kontroversial ini.

Cosco milik negara China, perusahaan pengiriman peti kemas terbesar keempat di dunia, akan mengakuisisi sebagian dari terminal. Dengan cara ini, perusahaan menjamin kapasitas transshipment di Hamburg, dan perusahaan milik negara mengendalikan sebagian besar rantai perdagangan laut dengan Jerman.

Pelabuhan di Hamburg juga ingin menutup kesepakatan. China adalah mitra dagang utamanya, terhitung sepertiga dari semua kontainer yang melewatinya. Dengan pembelian tersebut, Cosco berjanji akan melakukan lebih banyak perdagangan melalui Hamburg. Jika penjualan tidak berhasil, perusahaan pelayaran mengancam akan berlayar ke pelabuhan saingan di Antwerpen dan Rotterdam, misalnya. Cusco sudah menjadi pemilik bagian di sana.

pengaruh politik

Tapi ada lebih dari sekedar kepentingan ekonomi. Penentang kesepakatan menunjukkan bahwa ini akan memberikan pengaruh politik China. Jika terjadi konflik antara pemerintah Jerman dan China, perdagangan dengan pelabuhan yang sangat penting bagi Jerman bisa berubah menjadi senjata.

Perang di Ukraina memperjelas di Jerman bahwa perdagangan tidak bisa menjadi jembatan, tetapi kelemahan. Selama bertahun-tahun, Jerman membeli gas Rusia yang murah, dan bahkan menjual fasilitas penyimpanan gas penting ke Rusia. Tetapi sejak perang di Ukraina, kedua pemerintah telah ditentang secara diametris, telah menggunakan perdagangan gas sebagai pengaruh politik, dan ketergantungan Jerman telah merugikan negara.

Perlawanan itu hebat

Kementerian Perekonomian sebelumnya telah melakukan analisis risiko penjualan. Hasilnya dirahasiakan, tetapi telah dilihat oleh surat kabar Jerman FAZ. Dia melaporkan bahwa kementerian menyarankan untuk tidak menjual, karena risikonya sangat tinggi.

Scholz ingin pindah

Karena menyangkut infrastruktur penting Jerman, pemerintah bisa menghentikan penjualan. NDR dan WDR Jerman hanya melaporkan bahwa Kanselir Olaf Schulz ingin mendorong kesepakatan. Schulz sendiri adalah walikota Hamburg selama bertahun-tahun.

Untuk mencegah penjualan, kanselir harus secara resmi memasukkan masalah itu ke dalam agenda kabinet. Itu sampai 31 Oktober. Tapi Scholz belum melakukannya sampai hari ini.

Hasilnya sekarang disajikan sebagai semacam kompromi. COSCO awalnya akan membeli 35 persen stasiun, tetapi pemerintah Jerman sekarang akan memblokir sebagian. Hanya jika perusahaan milik negara China itu membeli 24,9 persen, pemerintah tidak akan memblokirnya. Tidak diketahui apa pendapat Cusco tentang hal ini, tetapi secara umum diasumsikan bahwa “solusi” ini didiskusikan dengan berkonsultasi dengan Cina.

Dengan saham kurang dari 25 persen, Cosco akan memiliki lebih sedikit suara di pelabuhan, dan tanpa hak veto, misalnya. Tapi ini tidak menghilangkan semua kekhawatiran.

Pokoknya melawan

Banyak lawan menentang penjualan sama sekali. Dalam analisis risiko mereka, pejabat dari Kementerian Perekonomian mencatat bahwa di masa lalu, COSCO sering kali pertama mengambil saham minoritas, kemudian perlahan-lahan mencoba untuk mendapatkan lebih banyak kendali, menurut FAZ.

Tampaknya fakta bahwa proses penjualan sekarang terjadi terutama karena upaya Kanselir Schultz yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini mungkin juga menjadi alasan mengapa banyak politisi sekarang berbicara menentang penjualan tersebut, tulis mingguan Jerman Der Spiegel. “Jika seseorang melihat ke belakang dalam beberapa tahun dan mungkin bertanya-tanya bagaimana hal itu terjadi bahwa Jerman menyerah kepada China, harus jelas bahwa kanselir membuat keputusan ini sendiri.”

READ  Pemadam Kebakaran Philadelphia: Kebakaran fatal di sebuah rumah yang penuh sesak dimulai dari pohon Natal | luar negeri