BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ukraina meminta para pengungsi untuk menjauh dan berjuang untuk menguasai Kherson | Saat ini

NU.nl secara teratur memberi Anda gambaran tentang situasi di Ukraina. Kali ini: Ukraina memberi tahu para pengungsi untuk tidak kembali sampai musim semi. Tentara Ukraina dan Rusia juga bersiap untuk pertempuran di sekitar kota pelabuhan selatan Kherson.

Jika pengungsi Ukraina tinggal jauh dari negara mereka lebih lama, energi dapat dihemat. Hal ini diperlukan karena pasokan energi Ukraina telah dibom oleh Rusia selama berminggu-minggu.

Hal ini menyebabkan kekurangan listrik dan gas di seluruh negeri. Menurut Presiden Volodymyr Zelensky, setidaknya sepertiga pembangkit listrik Ukraina hancur karena serangan Rusia.

Beberapa daerah mengalami pemadaman listrik. Tergantung caranya, ini bisa memakan waktu berhari-hari dan terkadang berminggu-minggu. Perusahaan Gas Nasional tidak berharap memiliki cukup gas untuk memasok semua rumah dengan gas selama musim dingin.

Rusia melakukan latihan nuklir

Presiden Rusia Vladimir Putin telah melatih angkatan bersenjata untuk melakukan apa yang disebut serangan nuklir. Setiap tahun latihan semacam itu diadakan di Rusia.

Selama latihan, tentara menembakkan rudal dari Semenanjung Kamchatka di ujung timur negara itu. Rudal juga diluncurkan di Laut Barents di Rusia utara dan Norwegia.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengatakan kepada Putin bahwa angkatan bersenjata sedang melakukan “serangan nuklir besar-besaran” sebagai tanggapan atas kemungkinan serangan nuklir oleh musuh. Rusia baru-baru ini mengklaim, tanpa memberikan bukti, bahwa Ukraina sedang mengerjakan senjata yang dimaksudkan untuk menyebarkan bahan radioaktif.

Selama latihan, tentara Rusia meluncurkan rudal dari Semenanjung Kamchatka.


Selama latihan, tentara Rusia meluncurkan rudal dari Semenanjung Kamchatka.

Selama latihan, tentara Rusia meluncurkan rudal dari Semenanjung Kamchatka.

gambar: AP

Saya mengharapkan pertempuran sengit di Kherson

Tentara Ukraina dan Rusia sedang mempersiapkan pertempuran di sekitar Kherson. Kota ini adalah salah satu kota besar Ukraina pertama yang direbut Rusia pada awal perang dan direbut setelah referendum tiruan.

READ  Aktivis Belarusia menusuk dirinya sendiri di leher pada hari pertama persidangannya | di luar negeri

Oleksiy Aristovich, penasihat Zelensky, mengatakan pada hari Rabu bahwa pertempuran akan pecah dalam waktu dekat. “Ini akan menjadi pertempuran terberat.”

Rusia telah memindahkan personel non-militer dari Kherson sejak pekan lalu. Menurut Aristovich, pasukan yang tersisa di kota sedang menggali untuk mempertahankan diri.

Merusak lebih dari dua ratus adegan

Perang di Ukraina menghancurkan lebih dari dua ratus situs budaya di negara itu atau hancur total. Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO, menetapkan ini dengan bantuan citra satelit.

Tujuh monumen yang terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO belum mengalami kerusakan sejak pecahnya perang pada akhir Februari. Di antara situs yang terkena dampak adalah 207, termasuk 88 situs keagamaan, 15 museum, dan 18 situs arkeologi.

UNESCO sedang berbicara dengan pemerintah Ukraina tentang kemungkinan menghapus warisan budaya dari negara itu untuk melindunginya di tempat lain selama perang. Menurut organisasi itu, ini adalah “keputusan sulit” dan kelompok-kelompok itu harus dipindahkan terlebih dahulu ke daerah yang lebih aman di Ukraina.

Citra satelit menunjukkan, antara lain, bahwa Istana Kebudayaan di Mykolaiv rusak.


Citra satelit menunjukkan, antara lain, bahwa Istana Kebudayaan di Mykolaiv rusak.

Citra satelit menunjukkan, antara lain, bahwa Istana Kebudayaan di Mykolaiv rusak.

gambar: AP

Sekjen NATO ke Turki untuk Keanggotaan Swedia

Presiden NATO Jens Stoltenberg akan segera melakukan perjalanan ke Turki untuk mempercepat aksesi Swedia ke aliansi. Turki belum akhirnya menyetujui keanggotaan NATO untuk Swedia dan Finlandia.

Swedia dan Finlandia mengajukan keanggotaan NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina, setelah puluhan tahun secara tegas tinggal di luar blok militer. Namun Turki keberatan dan baru menyerah ketika Swedia berjanji, antara lain, mencabut embargo senjata terhadap Turki.

Pada hari Rabu, Stoltenberg mengatakan Swedia sangat berkomitmen untuk meredakan kekhawatiran Turki. Perdana Menteri Swedia yang baru juga akan mengunjungi Ankara pada suatu hari nanti.

READ  Tiga belas tewas dan puluhan luka-luka dalam letusan gunung berapi Jawa