BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kim Jong Un ingin mempercepat program nuklir Korea Utara

“Kekuatan nuklir republik ini harus siap menjalankan misi pencegahan uniknya kapan saja,” kata Kim.

Rudal balistik antarbenua terbesar

“Jika ada pasukan militer yang mencoba menyusup ke kepentingan inti negara kita, kekuatan nuklir kita akan dipaksa untuk meluncurkan misi kedua secara tak terduga,” tambahnya.

Layar tersebut juga menampilkan rudal Hwasong-17, ICBM terbesar Korea Utara.

Hwasong-17 diuji sebagian untuk pertama kalinya bulan lalu, tetapi pihak berwenang Korea Selatan tidak percaya bahwa Korea Utara telah berhasil menyelesaikan tes penuh rudal tersebut.

Cuplikan video peluncuran ditampilkan dalam suasana seperti Hollywood, dengan Kim Jong-un sebagai semacam James Bond. Bisa dilihat disini:

Resolusi PBB

Korea Utara dilarang meluncurkan rudal balistik oleh resolusi Dewan Keamanan PBB, tetapi terus mengembangkannya. Negara ini telah menguji lebih dari selusin rudal ini tahun ini.

Peluncuran sebelumnya telah menyebabkan sanksi internasional yang keras terhadap Korea Utara. Fakta bahwa dunia saat ini terbagi atas perang di Ukraina membuat PBB sulit untuk bekerja sama.

READ  "Pelajaran perang" di sebuah sekolah di Kiev: "Jangan takut pada anak-anak, persiapkan mereka"