BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kiprah Angklung Tahun 2023 Mulai dari Film, Terapi Kesehatan, Hingga Rekor Dunia Guinness

Kiprah Angklung Tahun 2023 Mulai dari Film, Terapi Kesehatan, Hingga Rekor Dunia Guinness

Pertunjukan musik angklung meriahkan Promosi budaya Indonesia di Abreeza Mall, Davao City, Filipina (ilustrasi) (Republika/Abdan Syakura)

Republik Diplomatik–Google Doodle Pada Rabu, 16 November 2022, pernah merayakan Angklung sehingga halaman utamanya menampilkan kesenian tradisional tersebut. Tanggal 16 November merupakan hari diresmikannya angklung sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) kemanusiaan oleh UNESCO Pada 2010. Sebagai bentuk apresiasi, setiap tanggal 16 November dieringati sebagai Hari Angklung.

Angklung merupakan jenis bambu kisenyang turbot. Hal inilah yang menjadi alasan utama di balik terbentuknya Masyarakat Tengah Jawa Barat. Perlu diketahui bahwa orang yang Anda cari akan dapat tinggal di rumah di abad ke-11. Game luar biasa ini diciptakan oleh Nyi Sri Pohaji dan Padi. Masyarakat Sunda melakukan kegiatan bertani di ladang (huma) ataupun di sawah ini sambil melantunk syair lagu dengan iringan Bunyi-bunyian yang terbuat dari Potongan pisau-bilah bambu, yang kemudian dikenal dengan nama angklung. Angklung Disbut juga “bunying”. Ini adalah hal terpenting di dunia.

Membenamkan diri dalam kehidupan sehari-hari mungkin sulit, tetapi hal itu tetap akan berhasil dengan aman. Tiap-tiap pemain memegang satu atau dua buah angklung. Setiap pemain menggetarkan anklungnya sesuai dengan nada hingga terdengar irama yang berbeda dari unyi anklungnya.

Gulir ke memori

Gulir ke memori

Banyak organisme berkembang di Jawa Bharat. Masing-masing memiliki kekhasan bentuk, sejarah, dan fungsi. Contohnya, angklung buhun, angklung gubrag, angklung bungko, angklung jenglung, angklung kanekes, angklung buncis, angklung sered, angklung dogdog lojor, dan angklung ladung.

Penetapan kesenian angklung sebagai warisan dunia UNESCO memungkinkankan dicabut jika hasil evaluasinya negatif. Dievaluasi oleh WBTB itu, ini dikembangkan menggunakan teknologi pembengkokan dan penyesuaian berulang yang mutakhir, memungkinkan tikungan besar atau pipa plastik diperpanjang.

READ  Peter Walter Summer dari Tiga Puluh Tiga Koleksi

Untungnya kekhawatiran itu tidak terjadi karena Indonesia beruaya membuat kesenian angklung tetap eksis, bahkan menggapai prestasi. Anda tidak perlu khawatir mengenai kerja kasus, karena ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan penawaran dan keekonomian, termasuk beberapa hal lainnya. Republik Pada tahun 2023. Beberapa peristiwanya, Antara Line:

Sebanyak 14 tahun angklung buatan saung mang udjo bandung diekspor ke korea. Pengirimannya melalui salah satu BUMN, yakni Pos Indonesia.

Selanjutnya musik tradisional akan dibawakan pada Festival Angklung Kota Bandung 2023 di Taman Kiara Artha, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/5/2023). Anda akan dapat menemukan tempat yang cocok untuk sisa malam itu.

Pada Agustus 2023, Indonesia akan mencetak rekor dunia baru yang luar biasa, yaitu masuk dalam Guinness Book of World Records. Lagu tema “Berkibarlah Benderaku” diciptakan oleh Saridjah Niung atau Ibu Sud dan single internasional “Wind Of Change” dirilis oleh band Scorpions. Selama di BUMN, Eric Thohir menikmati momen-momen paparan media sosial.

“Alhamdulillah, Alhamdulillah Indonesia berhasil mencetak Guinness World Record (GWR) baru untuk tur keliling dunia dengan mencetak lebih dari 15 rekor.” Instagram@erickthohir Pada Sabtu (5/8/2023).

Pada bulan September, Keshattan Terbesar Qatar, Hamad Medical Corporation (HMC), Alzheimer’s Indonesia (ALZI) Cabang Qatar, Ladies of Anklung Indonesia (ILA), dan KBRI Doha menjalin persahabatan musik untuk pengobatan demensia. Masih di bulan yang sama, September, bertajuk dokumenter Perjalanan: Angklung pergi ke Eropa Dirilis Akhirat. Karya Maulana M Syuhada yang diproduseri oleh Muhibah Angklung dihasilkan melalui perpaduan pertunjukan teatrikal.

Sebuah film tahun 2016, merupakan rangkaian dari 40 film Jawa Baaraat (Jabbar) yang berlatar Eropa. Film ini berdurasi 75 menit, saat Raja Tim Mohiba Anklong memulai hari kelamnya di Eropa.

READ  Pelajaran sejarah wajib tentang Hindia Belanda: 'Tidak tahu apa artinya VOC'

Mantan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pernah memaparkan ada empat syarat agar angklung tetap masuk kategori sebagai warisan budaya yang dinilai UNESCO. Keempat poin tersebut adalah terjaga, terpelihara, terwariskan, dan terpromosikan secara luas, baik lokal, nasional, maupun internasional. (Ren)