BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

KLM berhenti terbang di atas Belarusia setelah telepon dari Perdana Menteri Rutte

Menurut KLM, tidak ada risiko keselamatan saat terbang di atas Belarusia, maskapai ini terus menggunakan wilayah udara.Foto Reuters

“Jelas bagi kami bahwa pihak berwenang Belarusia sama sekali tidak dapat diandalkan dalam mengelola wilayah udara,” kata Rutte. “Mengatakan ada bom di dalam pesawat untuk mendaratkan pesawat secara harfiah mengancam jiwa dan melampaui semua batasan.” KLM sebelumnya mengumumkan bahwa mereka tidak melihat risiko keselamatan dalam terbang di atas Belarusia, tetapi setelah menelepon dari Rutte, perusahaan tersebut memutuskan untuk mengubah arah.

Belanda juga menginginkan larangan Eropa pada penerbangan untuk maskapai Belarusia Belavia dan pesawat Belarusia lainnya. “Tapi ini bukan sesuatu yang harus diatur malam ini.”

Pada hari Minggu, Belarusia memaksa sebuah pesawat Ryanair mendarat di Minsk karena ada bom di dalamnya. Di sana, polisi menangkap Roman Bratasevich yang berusia 26 tahun, seorang jurnalis kritis dan anggota terkemuka dari oposisi Belarusia. Pacar Rusia-nya juga ditangkap. Pratasevi يشعر khawatir dia bisa menghadapi hukuman mati.

Beberapa maskapai penerbangan mengumumkan bahwa mereka akan menghindari wilayah udara Belarusia. Misalnya, Lufthansa Jerman, maskapai penerbangan Latvia AirBaltic dan maskapai penerbangan murah Eropa Timur, Wizz Air, sekarang terbang. Cypriot Avia Solutions Group, yang sebagian besar beroperasi dari Lituania, tidak lagi mengizinkan maskapai penerbangannya untuk terbang di atas negara itu.

Para pemimpin negara Baltik – Lithuania, Latvia, dan Estonia – ingin menyatakan wilayah udara Belarusia tidak aman untuk semua negara Uni Eropa. Menteri Transportasi Lituania telah mengumumkan bahwa semua penerbangan ke dan dari Lituania tidak lagi diizinkan untuk terbang di atas negara tetangga itu mulai Selasa. Polandia juga menyerukan penangguhan semua penerbangan antara Uni Eropa dan Belarusia. Amerika Serikat saat ini sedang menyelidiki apakah wilayah udara Belarusia masih aman untuk pesawat Amerika.

READ  Kerusakan di Tower Bridge menyebabkan kekacauan lalu lintas di London | luar negeri

Rupanya, karena terganggu oleh reaksi Latvia, Belarusia memutuskan untuk sepenuhnya mengusir personel diplomatik Latvia dari negara tersebut. Latvia segera menanggapi dengan mengusir duta besar Belarusia dan anggota kedutaan lainnya.

Uni Eropa harus menghentikan lalu lintas udara dengan Belarusia. Hak untuk mendaratkan maskapai Belarusia di bandara Eropa harus ditarik, dan pesawat mereka tidak diterima di wilayah udara Eropa. Maskapai penerbangan Eropa diharuskan berhenti terbang di atas Belarusia.

Hal itu muncul dalam draf hasil pertemuan ke-27 para kepala pemerintahan Uni Eropa, yang akan digelar bersama di Brussel pada Senin malam. Hasil akhir dari KTT Eropa belum diketahui.

Inggris Raya memerintahkan semua pesawat Inggris untuk menghindari wilayah udara Belarusia. Menteri Transportasi Grant Shaps juga memutuskan untuk menarik hakim pendaratan maskapai Belarusia Belavia sebagai hukuman. Belavia mengoperasikan penerbangan harian dari London Gatwick melalui Paris ke Minsk.

Kritik terhadap Ryanair

Ryanair, maskapai penerbangan yang menerbangkan pesawat tempur Belarusia ke Minsk, meminta maaf kepada “semua penumpang yang terkena dampak” atas “penundaan yang tidak menguntungkan”. Pernyataan Ryanair menuai banyak kritik di media sosial, termasuk dari politisi dan jurnalis, karena tidak memuat apa pun tentang penangkapan penumpang.

Michael O’Leary, CEO Ryanair, kini berbicara dengan lebih tegas di radio Irlandia. Dia berbicara tentang “penculikan yang disponsori negara” dan mengatakan bahwa Ryanair yakin ada beberapa agen rahasia Belarusia di dalamnya. Ini akan menjadi empat atau lima penumpang yang turun dari pesawat di Minsk itu sendiri.

‘Menjijikkan’

Negara-negara Barat mengutuk keras pendaratan paksa dan menuntut pembebasan Roman Protasevi. Misalnya, duta besar AS untuk Belarus menggambarkan tindakan itu sebagai “menjijikkan”. Para pemimpin Lituania dan Polandia berbicara tentang “aksi terorisme”.

Ursula von der Leyen, Presiden Komisi Eropa, menulis di Twitter bahwa “skala rezim yang memalukan dan ilegal di Belarus” akan memiliki konsekuensi. Harus diklarifikasi apa konsekuensi malam ini. Negara-negara Eropa berencana untuk bersama-sama mengumumkan langkah-langkah tersebut selama KTT Uni Eropa yang direncanakan sebelumnya.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia menuduh negara-negara Barat munafik. Itu mengacu pada pendaratan darurat sebuah pesawat dengan Presiden Bolivia Evo Morales di dalamnya. Itu terjadi delapan tahun lalu di Austria.

Pesawat harus mendarat di sini setelah Prancis dan Portugal tidak mengizinkan pesawat yang sedang dalam perjalanan dari Rusia ke Bolivia itu memasuki wilayah udaranya. Detektif Edward Snowden, yang melarikan diri dari Amerika Serikat sebulan lalu, dikatakan berada di dalamnya. Ternyata bukan itu masalahnya. Prancis dan Spanyol meminta maaf.

Politisi dari komite asing dari Amerika Serikat, Inggris dan berbagai negara Eropa telah meminta penyelidikan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), organisasi penerbangan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Telah diumumkan bahwa Belarusia mungkin telah melanggar Perjanjian Penerbangan Chicago. Pihak berwenang Belarusia mengklaim telah mematuhi aturan internasional.

Misalnya, penerbangan Ryanair antara Athena dan Vilnius dialihkan ke Minsk.  Gambar melalui Reuters
Misalnya, penerbangan Ryanair antara Athena dan Vilnius dialihkan ke Minsk.Gambar melalui Reuters