BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Komitmen USB-C Eropa selangkah lebih dekat dan juga berlaku untuk laptop

Uni Eropa sedang mengerjakan undang-undang yang mewajibkan perangkat seperti ponsel cerdas untuk menggunakan USB-C. Dengan memesan satu port di banyak perangkat, Eropa ingin mengurangi tumpukan sampah elektronik. Tahun lalu, setelah bertahun-tahun berkonsultasi, Akhirnya rencananya ada di atas mejaSekarang rencananya selangkah lebih dekat ke implementasi: Komite Parlemen Eropa untuk Pasar Internal dan Perlindungan Konsumen dipilih oleh mayoritas besar Pilih rencana– 43 anggota dari 45 memilih mendukungnya.

Komisi juga memperluas cakupan undang-undang. Komitmen USB-c juga harus berlaku untuk komputer laptop, antara lain, selain daftar smartphone, tablet, konsol game portabel, e-reader, kamera digital, dan game elektronik yang ada. Ada pengecualian untuk perangkat yang terlalu kecil untuk port USB-C, seperti jam tangan pintar.

Itu juga mengatur pengisian nirkabel oleh hukum

Komisi mengatakan pengisian nirkabel harus disediakan oleh hukum. Ini harus dilakukan paling lambat tahun 2026, sehingga produsen juga harus memastikan “pertukaran minimum” dengan pengisian nirkabel. Tugas ini adalah untuk mencegah fragmentasi baru dalam domain nirkabel, hanya jika fragmentasi tersebut telah diproses di kabel.

MEP Alex Agios Saliba, Pelapor Komite, menunjukkan perlunya undang-undang tersebut. “Dengan setengah miliar pengisi daya seluler yang mewakili 11.000 hingga 13.000 ton limbah elektronik setiap tahun, satu pengisi daya akan bermanfaat bagi semua orang.”

Parlemen Eropa akan memberikan suara penuh pada proposal bulan depan. Ini diikuti dengan konsultasi dengan negara-negara anggota UE tentang perincian dan penerapan hukum.

Diskon terbesar Apple

Lawan terbesar dari komitmen tersebut adalah Apple, yang menggunakan konektor Lightning sendiri untuk iPhone dan periferalnya. Apple menemukan kewajiban hukum untuk USB-C “tidak proporsional” dan mengatakan inovasi akan terpengaruh. Jika sebelumnya Eropa, Apple mengklaim, bukan USB-C tetapi micro-USB pendahulunya akan menjadi wajib.

READ  Squid memiliki penerus yang 100% layak untuk Netflix.

Menurut Apple, pengembangan USB-C superior tidak akan terjadi di bawah kewajiban hukum. Usb-c telah diterima secara sukarela oleh hampir semua perusahaan: komputer Apple Mac dan banyak iPad sekarang juga dilengkapi dengan port USB-c. Ini juga berlaku untuk hampir semua perangkat lain dalam daftar dari Eropa. Apple hanya perlu melakukan modifikasi pada iPhone baru, misalnya AirPods.