BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Konser Pembebasan St. Jan Kielder |  Berita terbaru dari Montverland

Konser Pembebasan St. Jan Kielder | Berita terbaru dari Montverland

19 Maret, 13:10



Musik

Kildare – Pada tahun 2020, Rabu 1 April tepat 75 tahun sejak Kildare rilis. Kemudian Asosiasi Musik Saint Jean berencana merayakan pembebasan ini dengan konser. Karena datangnya Corona, sayangnya konser tersebut tidak terlaksana. Dengan aturan corona saat ini, sekali lagi dimungkinkan untuk menggelar konser di Kelrehuus. Ini dimulai pada 1 April pukul 20.00

St Jean akan merayakan pembebasan pada hari Jumat 1 April di bawah slogan “75 + 2 tahun kebebasan di Kielder”. Ini akan menjadi malam yang menjanjikan baik secara musikal maupun historis. Situasi saat ini di Ukraina menunjukkan bahwa kebebasan tidak dapat diterima begitu saja. Selain program musik yang ditawarkan oleh Harmony of St. Jean, ada juga ceramah dari pembicara Kielder yang terkenal. Tampilan publik disediakan oleh Dini Burgers.
Musik pembuka adalah harmoni yang dipimpin oleh Jan Nilstegen dengan lagu “Soldt Van Orange” dari film dan musik dengan nama yang sama.
Ini diikuti dengan presentasi “Edit Kildare”. Clemens Harmsen telah melakukan penelitian tentang sejarah masa perang Kielder dan akan berbicara tentang pembebasan Kielder dan semua yang terjadi sebelumnya.
Pada hari Minggu 1 April 1945 (Senin Paskah), para Pembebas Kanada pindah dari Zeedam ke Kielder. Namun, bukan tanpa perjuangan. Jerman masih memiliki senapan berawak di tepi hutan dekat Sophia Rosa saat ini. Penembakan dua kendaraan tempur Kanada, menewaskan dua tentara Kanada dan membakar sebuah rumah pertanian.
Selanjutnya, peringatan orang yang jatuh menyanyikan “Hymn to the Fallen”.
Setelah pembebasan, kehidupan serikat kembali. Musik dibutuhkan di desa dan pada 3 Juli 1945 Harmony of Saint Jean diciptakan. Denny Burgers akan memberi tahu Anda bagaimana Asosiasi Musik Saint Jean didirikan dan dimulai.
Kemudian harmoni memainkan “The Seal Lullaby”.
Dari semua prajurit Kildares yang tinggal di “Timur”, hanya pengunjung New Guinea (dan pemain klarinet Saint-Jean) Gerard (Brewer) Thijsen yang bertahan. Gerrard akan berbicara tentang konflik di Hindia selama upacara pembebasan sebelum istirahat dan tentang Papua Nugini setelah istirahat.
Kielder lainnya juga mulai dibangun kembali pada tahun 1945. Namun, bahkan setelah pembebasan, tidak seorang pun dapat sepenuhnya lepas dari konflik baru. Dua puluh anak laki-laki dari Kielder yang lahir pada tahun 1925 dan 1926 pergi ke perang baru di Hindia Belanda setelah perang, dengan Belanda terutama berbicara tentang “pekerjaan polisi” daripada perang. Seorang tentara dari Kilderse tewas dalam perang ini. Pada tahun 1949 pasukan Belanda mundur di bawah tekanan internasional. Sampai tahun 1951, Prajurit Kildares juga kembali, dengan Saint Jan bernyanyi setiap kali mereka kembali. Namun konflik terus berlanjut setelah Belanda menyerahkan hampir semua kekuasaan, kecuali kedaulatan New Guinea, ke Indonesia pada tahun 1949. Dua tentara yang direkrut dari Kilderse dikerahkan dalam konflik baru ini.
Lagu terakhir sebelum jeda yang akan dimainkan Harmony adalah “Band of Brothers”.
Usai jeda, Saint Jean membuka dengan lagu “Where Eagles Soar”.

READ  Ketika ayahmu berkata "Aku akan mengakhiri hidupku" apa yang kamu lakukan?

Belanda setelah perang
Denny Berger akan berbicara tentang perkembangan di Belanda pascaperang.
Setelah istirahat, Saint Jean akan memainkan “Salute to the Liberators” dan “Liberation Medley” dan tentu saja lagu “Glenn Miller Medley” dan “Vera Lynn Forever” tidak ketinggalan dari konser pembebasan.
Tiket konser ini terjual habis pada tahun 2020. Aula besar Kelrehuus terjual habis saat itu. Orang dengan tiket masuk dapat menyerahkannya hingga 19 Maret di anggota Saint Jean atau selama latihan malam pada Kamis 20:00-22:30 atau Sabtu 19:45-21:00 di Kelrehuus. Mulai Minggu 20 Maret, jika masih ada tempat yang tersedia, tiket baru akan dijual di anggota Saint-Jean atau pada malam pelatihan tersebut.