BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

KTT G-20 dimulai dengan Zelensky mengkritik Rusia: ‘Terima kasih, G-19’

KTT G-20 dimulai dengan Zelensky mengkritik Rusia: ‘Terima kasih, G-19’

Sekarang adalah waktunya untuk mengakhiri perang “menghancurkan” Rusia dan “menyelamatkan ribuan nyawa,” kata Presiden Ukraina Zelensky dalam pesan videonya kepada para pemimpin yang hadir, termasuk Presiden China Xi Jinping dan timpalannya dari AS Joe Biden.

Zelensky mempresentasikan rencana berdasarkan penarikan pasukan Rusia dan pemulihan integritas teritorial Ukraina.

ekonomi terbesar di dunia

Zelensky berterima kasih kepada “G19” dalam pidatonya, yang tampaknya merupakan ejekan terhadap Rusia. Ukraina bukan anggota G20 dan Rusia. Meski demikian, Zelensky diundang untuk menyampaikan pidato tersebut.

Perekonomian terbesar dunia bertemu di Pulau Bali, Indonesia, untuk membahas antara lain stabilitas keuangan, pertumbuhan ekonomi, dan ketahanan pangan. Tapi KTT pagi ini fokus pada perang di Ukraina.

‘KTT harus sukses’

Presiden Indonesia Joko Widodo meminta semua negara yang berpartisipasi untuk mencegah Perang Dingin baru. “Kita tidak boleh memecah belah dunia. Kita tidak boleh membiarkan dunia tenggelam dalam perang dingin baru,” kata kepala negara tuan rumah.

“Saat ini mata dunia tertuju pada kita. Apakah kita akan berhasil? Atau menambah kegagalan lagi? Bagi saya, G20 harus berhasil, tidak boleh gagal,” kata Widodo.

Belanda juga akan hadir di KTT G20. Perdana Menteri Mark Rutte di Indonesia bersama Menteri Keuangan Sigrid Kaag.

READ  Keturunan dari Timur - Fokus Filmtheater Arnhem