BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Kyiv’s Ghost’, pilot super yang menembak jatuh 40 pesawat Rusia, ternyata fatamorgana

Sebuah pesawat tempur MiG-29 dari tentara Polandia selama pertunjukan udara pada tahun 2015.Foto oleh Kacper Pembel / Reuters

Mimpi buruk terburuk bagi Rusia dan kebanggaan bagi Ukraina, pahlawan yang mengalahkan enam pilot pesawat tempur Rusia, bek yang akan membantu Ukraina meraih kemenangan. Ini adalah kata-kata yang diucapkan mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko pada hari-hari pertama perang kepada seorang pilot pesawat tempur tertentu.

Subjek dari himne itu? “Semangat Kiev”. Seorang pilot MiG-29 yang tidak dikenal dengan mudah menembak jatuh satu demi satu pesawat Rusia, setidaknya empat puluh dalam beberapa bulan terakhir, ceritanya. Akhir pekan lalu saya pikir surat kabar Inggris waktu Dia belum menemukan identitas sebenarnya dari pilot misterius: Stefan Tarabalca. Seorang mayor berusia 29 tahun, kata surat kabar itu, dibunuh oleh pasukan Rusia.

mitos

Tapi “semangat Kyiv” ternyata tidak lebih dari apa yang tersirat dari namanya: sebuah legenda. Karena meskipun Tarabalka sudah tewas pada 13 Maret, pihak berwenang Ukraina harus mengakui pada hari Minggu bahwa tidak ada pilot yang menjatuhkan 40 pesawat musuh sendirian. Buku Angkatan Udara, Ini adalah Legenda Super yang Dibuat oleh Ukraina di Facebook“Semangat Kyiv mewujudkan sekelompok pilot dari Brigade Taktis ke-40 yang membela langit Kyiv.”

Dalam surat itu, Angkatan Udara Ukraina meminta untuk mematuhi “aturan dasar kebersihan informasi”, sehingga menghindari penyebaran berita palsu dan mitos perang. Sungguh mengejutkan, mengingat SBU Ukraina yang pertama kali melaporkan pilot pahlawan MiG-29 di hari-hari pertama perang. Otoritas Ukraina bahkan Bagikan video tentang pahlawan super tanpa tanda jasa Yang “mendominasi langit Kyiv”.

Propaganda militer ini membantu menjaga moral tetap tinggi di masa perang, menurut sejarawan militer Ukraina Mikhail Zerohov. Dia mengatakan kepada BBC bahwa publisitas diperlukan karena ukuran tentara Ukraina sangat kontras dengan ukuran tentara Rusia.

Pilot pesawat tempur Ukraina asli yang berterima kasih waktu Dia secara singkat mewujudkan “semangat Kyiv”, dan setelah kematiannya dia diberi gelar semi-legendaris. Tarabalka dinobatkan sebagai “Pahlawan Ukraina” oleh Kementerian Pertahanan.

READ  Anak Laki-Laki Lebanon Menyerah pada Gaji €1.000 ISIS