BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lebih dari 20 orang tewas dalam kerusuhan penjara Ekuador

Sedikitnya 22 tahanan tewas dalam pertempuran yang meluas di dua penjara di Ekuador. 59 tahanan lainnya terluka. Presiden Ekuador Lenin Moreno mengumumkan keadaan darurat di penjara.

Kekerasan meletus Rabu malam waktu setempat di penjara utama di Guayaquil, kota terbesar di Ekuador, dan di penjara Lataconga. Sembilan petugas polisi juga terluka dalam pertempuran itu. Pihak berwenang mengatakan kekerasan sekarang terkendali.

Kepala polisi menggambarkan kekerasan di penjara Lattakunga sebagai “eksekusi”. Sejumlah besar tahanan mencoba melarikan diri. Polisi mengatakan 78 tahanan kembali dipenjara.

geng narkoba

Menurut mantan menteri dalam negeri, kekerasan tersebut terkait dengan perebutan kekuasaan antara geng narkoba. Mereka mencoba mengatur perdagangan narkoba dari penjara.

Ini bukan pertama kalinya kerusuhan di penjara menewaskan 79 narapidana di negara itu. Dengan paksa. Delapan belas dari mereka ditemukan dipenggal atau dipotong-potong.

Penjara Ekuador diawaki oleh penjaga yang kurang terlatih, dan polisi hanya bisa masuk dalam keadaan darurat. Pusat-pusat penjara sering penuh sesak.

READ  Mantan Presiden Zuma melapor ke penjara sebelum batas waktu