BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lebih jelas tentang obat batuk berbahaya di Indonesia

Badan Perlindungan Lingkungan

Berita NOS

Beberapa obat terkontaminasi telah ditemukan di Indonesia yang diyakini terkait dengan kematian 99 anak tahun ini. Anak-anak meninggal karena gagal ginjal akut.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia mengumumkan bahwa lima dari 26 minuman obat yang digunakan untuk mengobati batuk, pilek, dan demam banyak mengandung etilen glikol.

Sirup obat batuk dengan kandungan zat ini dan dietilen glikol yang sangat tinggi diduga menyebabkan gagal ginjal pada anak. Etilen glikol dan dietilen glikol berbahaya.

Lebih dari dua ratus kasus gagal ginjal akut

Tahun lalu, 206 kasus gagal ginjal akut pada anak dilaporkan di Indonesia, 48 persen di antaranya meninggal dunia. Kementerian Kesehatan melaporkan kemarin.

Biasanya, hanya ada beberapa kasus dalam sebulan, kata juru bicara departemen kepada Associated Press. Pihak berwenang masih menyelidiki apakah risiko lain mungkin menyebabkan gagal ginjal akut pada anak-anak.

Juga di Gambia Puluhan anak meninggal Dengan sirup obat batuk dari perusahaan India Maidan Pharmaceuticals setelah gagal ginjal akut. Karena kematian di Gambia, Indonesia sebelumnya melarang semua obat batuk.

READ  Evakuasi Setelah banjir Sumatera, dua anak tewas