BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lifehack: Ini adalah cara mengatur fungsi SOS untuk keadaan darurat | Saat ini

Tentu saja, jangan berasumsi bahwa Anda akan membutuhkannya, tetapi jika Anda berada dalam keadaan darurat, ada baiknya untuk segera mencari bantuan. Persiapkan ponsel Anda untuk mengirim pesan marabahaya dengan tips ini.

Sebagian besar ponsel modern dilengkapi dengan sistem SOS. Ini memungkinkan Anda untuk meminta bantuan dengan kombinasi tombol yang cepat.

Anda juga dapat menelepon 112 jika Anda tidak dapat melihat layar Anda. Anda juga dapat memberi tahu teman atau keluarga. Anda juga dapat mengirim lokasi Anda secara otomatis sehingga kontak Anda tahu di mana menemukan Anda.

SOS di iOS

Jika Anda memiliki iPhone 8 atau lebih baru, Anda akan menemukan opsi ini di Pengaturan di bawah pemberitahuan SOS Darurat. Di sini Anda dapat memilih bagaimana Anda ingin membunyikan sinyal darurat: dengan menekan tombol samping lima kali dengan cepat, atau dengan menekan dan menahan tombol samping dan tombol volume.

Kedua opsi memulai penghitung waktu mundur dan membunyikan alarm. Jika Anda tidak merusak arloji, ponsel cerdas Anda akan menelepon 112.

Untuk menambahkan teman atau keluarga sebagai kontak darurat, buka aplikasi “Kesehatan” dan ketuk gambar profil Anda. Di sana Anda pergi melalui ID Medis untuk Mengedit dan klik tanda plus di bawah kontak SOS Anda untuk menambahkan seseorang dari daftar kontak Anda.

Setelah menelepon layanan darurat melalui sinyal SOS, kontak darurat ini akan menerima pesan teks dengan lokasi Anda. Setiap kali Anda pindah, mereka mendapatkan pembaruan. Dengan cara ini mereka dapat melacak Anda atau membagikan lokasi Anda dengan polisi.

SOS di Android

Pada ponsel Android, seperti yang sering terjadi, ini sedikit lebih rumit. Di mana tepatnya Anda akan menemukan pengaturan SOS tergantung pada merek dan jenis smartphone. Opsi ini mungkin tidak tersedia untuk beberapa perangkat lama. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan aplikasi dari Play Store (cari “SOS”).

READ  PlayStation Store untuk PS3 dan PS Vita masih terbuka setelah kritik | sekarang juga

Anda mungkin akan menemukan fitur SOS di antara pengaturan Anda. Apakah Anda memiliki salah satu ponsel Samsung yang paling terkenal? Kemudian pergi melalui pengaturan ke “Keamanan dan Darurat”. Di sini Anda dapat mengaktifkan opsi “Kirim Pesan SOS”.

Anda kemudian akan memiliki opsi untuk menambahkan kontak ke nomor darurat Anda. Nomor darurat ini secara otomatis diberitahukan ketika tombol on/off ditekan tiga atau empat kali. Anda juga dapat memilih untuk mengirim gambar dan bagian audio. Di beberapa ponsel Android, Anda juga akan menemukan opsi untuk memanggil layanan darurat dengan menekan tombol lima kali dengan cepat.

Selain itu, Kontak Darurat memungkinkan Anda menambahkan orang yang dapat Anda hubungi kapan saja, bahkan saat ponsel Anda terkunci. Anda juga dapat memasukkan informasi penting tentang diri Anda di bawah Data Medis, seperti golongan darah atau alergi. Dengan cara ini, layanan darurat selalu dapat mengakses data Anda dalam keadaan darurat, bahkan jika Anda tidak dapat membuka kunci ponsel sendiri.