BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lihat empat planet yang mengorbit bintang yang jaraknya 130 tahun cahaya

Lihat empat planet yang mengorbit bintang yang jaraknya 130 tahun cahaya

Empat planet luar, masing-masing lebih besar dari Jupiter, mengorbit HR8799, diwakili oleh bintang kuning di tengahnya.
gambar: Gizmodo / Jason Wang / Universitas Northwestern

Fenomena astronomi cenderung terjadi dalam rentang waktu yang jauh lebih kecil dari ukuran manusia — galaksi berubah selama jutaan dan milyaran tahun, bukan dekade. Tetapi selang waktu pengamatan baru dari sistem bintang yang jauh menunjukkan pergerakannya selama periode hanya 12 tahun, dikemas hanya dalam beberapa detik.

Bintang itu, yang dikenal sebagai HR8799, adalah dia Sistem planet pertama di luar tata surya pernah secara langsung. Baru-baru ini, Jason Wang, seorang profesor astrofisika di Universitas Northwestern, menggunakan pengamatan sistem selama lebih dari sepuluh tahun untuk membuat animasi lima detik yang menggambarkan gerakan empat planet besar yang mengorbit bintang. Wang dan rekannya mengumpulkan data selama 12 tahun menggunakan Observatorium Keck di Hawaii.

Jepretan empat planet yang mengorbit HR 8799 (selang waktu 12 tahun)

Wang mengatakan dalam Siaran pers barat laut. “Misalnya, tidak jelas apakah Jupiter atau Mars mengorbit matahari kita karena kita hidup dalam sistem yang sama dan kita tidak memiliki pandangan dari atas ke bawah. Peristiwa astronomi terjadi terlalu cepat atau terlalu lambat untuk direkam dalam film. Tapi video ini menunjukkan planet-planet bergerak dalam skala waktu manusia. Saya harap video ini memungkinkan orang menikmati sesuatu yang menakjubkan.”

HR8799 terletak lebih dari 130 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Pegasus. Bintang tersebut memiliki massa 1,5 kali Matahari dan sekitar lima kali lebih terang. Empat planet raksasa menyebut bintang itu rumah, masing-masing lebih besar dari Jupiter kita sendiri. Planet terdalam membutuhkan waktu sekitar 45 tahun untuk menyelesaikan orbitnya, sedangkan planet terluar membutuhkan waktu hampir lima abad. (Neptunus, planet terjauh yang diketahui di tata surya kita, mengorbit matahari setiap 165 tahun.)

“Tidak ada yang didapat secara ilmiah dari menonton sistem tropis dalam video time-lapse, tetapi ini membantu orang lain untuk menghargai apa yang kami pelajari,” kata Wang. “Sulit untuk menjelaskan nuansa sains dengan kata-kata. Tapi menunjukkan sains dalam tindakan membantu orang lain memahami pentingnya.”

Animasi Wang saat ini bukanlah yang pertama; Diproduksi oleh peneliti A Animasi serupa dan lebih pendek Pada 2017 setelah tujuh tahun data pemantauan. Animasi Wang memberikan perspektif nyata tentang gerakan planet—fenomena yang mungkin hanya bisa kita simulasikan atau baca sebelumnya.

Koreksi: Versi sebelumnya dari judul cerita ini mengatakan sistem itu berjarak 130 juta tahun cahaya dari Bumi, padahal kenyataannya jaraknya 130 tahun cahaya.

READ  Bagaimana soliton membengkokkan waktu, ruang, dan aturan