BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lithuania membangun pagar di perbatasan Belarus, migrasi dari Irak menurun

Lithuania sedang membangun pagar di perbatasan dengan Belarus untuk membendung arus imigran ilegal yang tidak terkendali. Parlemen Lituania, Sima, telah menyetujui paket tindakan senilai 150 juta euro untuk melindungi perbatasan timur.

Negara Baltik telah bergulat dengan masuknya imigran ilegal dari Belarus sejak Juni. Tahun ini, 4.100 orang telah memasuki negara itu melalui Belarus, lima puluh kali lebih banyak dari tahun 2020.

Negara-negara lain yang bertetangga dengan Uni Eropa di Belarusia juga telah diserang oleh imigrasi. Polandia berpengalaman akhir pekan lalu Tiga kali lipat jumlah migran yang melintasi perbatasan secara ilegal seperti pada tahun 2020. Di Latvia, di mana 160 migran telah ditahan, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk mengumumkan keadaan darurat di wilayah perbatasan.

Balas dendam hukuman

Menurut negara-negara tersebut, diktator Belarusia Lukashenko dengan sengaja membiarkan para migran lewat sebagai pembalasan atas sanksi Eropa yang dikenakan pada rezimnya. Pekan lalu, wakil menteri dalam negeri Polandia berbicara tentang “perang campuran”, menggunakan “migran sebagai senjata hidup”.

Lukashenko tidak pernah membantah tuduhan ini. Musim semi ini, dia mengisyaratkan untuk mengizinkan para migran menyeberang sebagai pembalasan atas sanksi tersebut. Menurut Lithuania, Belarus secara aktif mengumpulkan imigran dari Irak. Migran akan diantar dari bandara Minsk ke perbatasan barat.

Reporter Saskia Deckers sebelumnya berpatroli dengan penjaga perbatasan Lituania ke Neusur:

READ  Roller coaster tercepat di dunia ditutup setelah patah tulang | Luar negeri