BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mantan Presiden Ukraina Poroshenko dicurigai melakukan pengkhianatan | luar negeri

Menurut media Ukraina, mantan presiden itu dapat menghadapi hukuman 15 tahun penjara atas tuduhan mendanai terorisme, pengkhianatan, dan memfasilitasi kegiatan organisasi teroris.

Dikatakan bahwa Poroshenko menggunakan uang publik untuk membeli batu bara secara tidak langsung dari tambang di wilayah yang dikuasai oleh separatis yang didukung Rusia, di mana pasukannya berperang.

merobeknya

Jantung industri Ukraina hancur oleh perang itu pada tahun 2014. Banyak pembangkit listrik di garis depan Ukraina diarahkan ke jenis batu bara tertentu yang ditambang terutama di tanah yang memisahkan diri. Kurangnya itu akan menjelaskan kesepakatan.

Mantan presiden itu adalah pemimpin partainya “Solidaritas Eropa”, secara konsisten berada di urutan kedua setelah Presiden saat ini Volodymyr Zelensky dalam jajak pendapat. Saingan politik pertama Zelensky bukanlah seorang kritikus keadilan: pemimpin partai “For Life” pro-Rusia, Viktor Medvichuk, dituduh melakukan pengkhianatan musim semi lalu.

Di panggung politik, keduanya saling membunuh. Sebagai presiden, Poroshenko menganjurkan mengikuti jalan nasionalis: ia sering mengenakan pakaian militer, dan panglima tertinggi berpendapat untuk “satu tentara, bahasa dan iman.”

di bawah satu topi

Tapi dari rekaman dinas keamanan Ukraina, di mana kelompok antikorupsi memberikan wawasan tentang serial YouTube yang menarik musim panas lalu, keduanya tampaknya telah berkolaborasi. Medvetchuk menggunakan jalurnya di Kremlin dan bertemu dengan Poroshenko untuk mengatur kesepakatan batu bara.

Ukraina memiliki sejarah panjang dalam menganiaya lawan presiden. Presiden Pro-Rusia Viktor Yanukovych telah memenjarakan mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko selama bertahun-tahun atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dalam kesepakatan gas dengan Rusia. Menurut Uni Eropa, penganiayaan itu bermotif politik.

Sebuah pemberontakan rakyat menggulingkan Yanukovych pada Februari 2014. Tiga bulan kemudian, Poroshenko terpilih sebagai presiden.

READ  Detail 'mengerikan' terungkap tentang penculikan Madeleine Allen yang berusia 19 tahun | luar negeri

titik sakit

Pemisahan cabang yudikatif dan eksekutif, hakim dan presiden, adalah titik sakit dalam reformasi yang diminta oleh Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional sebagai imbalan atas dukungan mereka sejak dimulainya perang di Ukraina timur.