BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Marketmind: Apa Kata Manajer Pembelian

Indikator berdasarkan pendapat manajer pembelian, terutama orang yang membeli produk untuk perusahaan, memberikan indikasi keseluruhan keadaan ekonomi. Dengan kekhawatiran tentang resesi, prospek bulan Juni, yang diperkirakan pada hari Kamis di negara maju, menjadi perhatian khusus.

Jepang telah menetapkan nada suram: Pertumbuhan pabrik telah turun empat bulan dan waktu tunggu pemasok terus meningkat. PMI Eropa dan AS, sebagaimana indikator ini diketahui, telah semakin turun dalam beberapa bulan terakhir menuju tanda 50, yang menandai batas antara pertumbuhan dan kontraksi.

Tren ini diperkirakan akan berlanjut pada Juni.

Grafik: PMI (

kan

Baik data maupun komentar pembuat kebijakan tidak meredakan kekhawatiran akan kegagalan pertumbuhan yang akan datang. Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengakui kekhawatiran pada hari Rabu, tetapi jelas bahwa bank akan fokus pada penurunan inflasi menjadi 2% – komitmen utama untuk memperketat kebijakan.

Demikian juga, jajak pendapat Reuters terbaru memperkirakan suku bunga zona euro mencapai 0,75% pada akhir tahun, 1,25 poin persentase lebih tinggi dari level saat ini.

Pergeseran menarik muncul di pasar komoditas, terutama yang terkait dengan pertumbuhan ekonomi.

Tembaga dan Minyak sejauh ini tampak kebal terhadap prospek suram karena lingkungan pasokan yang ketat. Tetapi minyak mentah Brent sekarang telah jatuh ke harga terendah pada pertengahan Mei, di bawah $ 110 per barel, dan tembaga berada pada level terendah 16 bulan.

Hal ini tercermin dalam energi dan pangsa bahan; Ini populer di kalangan investor saat inflasi naik, dan dapat dihindari jika stagnasi menggantikan stagflasi sebagai skenario utama. Selama sesi Rabu di Wall Street, saham energi turun 4,2% dan sepertinya saham di seluruh dunia akan menghadapi hari yang lemah lagi.

READ  Transmisi online - Gempa bumi Indonesia membunuh puluhan

Bank sentral akan tetap melanjutkan, karena Norwegia diperkirakan akan menaikkan suku bunga nanti, bersama dengan sejumlah pasar negara berkembang. Powell akan muncul di radio lagi sebagai saksi di hadapan komite DPR.

Perkembangan utama yang seharusnya memberi pasar lebih banyak arah pada hari Kamis:

Indonesia pertahankan suku bunga 3,5%

Suku bunga di Filipina akan naik 25 basis poin menjadi 2,5%.

Andrea Enria, Pengawas Perbankan ECB

Rapat Bank Norges

Pertemuan Dewan Eropa (sampai 24 Juni).

Meksiko bisa menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin menjadi 7,75%.

– Bank Sentral Turki

Mesir menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin menjadi 11,75%.

akun saat ini AS

– TIPS Lelang selama 5 tahun di AS