BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Marketmind: Bank sentral ditahan

Melihat pasar Asia keesokan harinya dari Jamie McGeever.

Bisikkan itu, tetapi hari Rabu bisa menjadi hari yang agak sepi di Asia setelah Wall Street melihat sedikit perubahan pada hari Selasa dan dengan Perdagangan Malaysia dan Indeks Utama Australia satu-satunya pesan potensial yang mempengaruhi pasar pada data regional.

Grafik: Dollar/Ringgit Malaysia dan cadangan devisa Malaysia https://fingfx.thomsonreuters.com/gfx/mkt/gdvzqnllapw/MYR.jpg

Faktanya, petunjuk utama mungkin datang dari Eropa di akhir sesi – data inflasi harga konsumen Inggris dan zona euro untuk bulan Maret dapat secara signifikan memengaruhi prospek suku bunga BoE dan ECB untuk beberapa bulan mendatang.

Berbeda dengan semakin banyak bank sentral di Asia, yang telah menekan tombol jeda atau akan melakukannya, Bank of England dan Bank Sentral Eropa diperkirakan akan terus menaikkan suku bunga dalam perjuangan mereka untuk mengembalikan inflasi. tepat sasaran.

The Fed juga mendekati akhir siklusnya jika suku bunga pasar saat ini dapat dipercaya, dengan kenaikan seperempat poin lainnya diharapkan bulan depan. Namun, James Bullard, ketua St. Louis Fed, lebih hawkish, dia menegaskan dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Beberapa pembuat kebijakan di Asia telah mengambil jeda dari kemajuan mereka tahun lalu. Bank sentral Australia, Indonesia, India, Singapura, dan Korea Selatan mengambil jeda, dan gubernur bank sentral Filipina mengambil jeda pada bulan Mei.

Penelitian oleh Bank for International Settlements menunjukkan bahwa siklus pengetatan global sejak awal tahun lalu adalah yang paling sinkron dan terkuat dalam 50 tahun terakhir, dengan lebih dari 95% bank sentral menaikkan suku bunga kebijakan mereka.

Secara historis, persentase ini jarang melebihi 50%.

Absensi penting dalam bandwidth ini adalah People’s Bank of China (PBOC). Ini memangkas suku bunga pada tahun 2020, 2021 dan 2022 dan diperkirakan akan mengambil sikap mendukung tahun ini, meskipun ekonomi tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal pertama.

READ  Penjelasan Indonesia Pertamina berada di bawah tekanan untuk memindahkan terminal minyak setelah kebakaran yang mematikan

Produk domestik bruto pada hari Selasa tumbuh pada tingkat tahunan 4,5% pada periode Januari-Maret, pertumbuhan terkuat dalam setahun, lebih cepat dari 2,9% pada kuartal sebelumnya dan jauh di atas ekspektasi 4,0%.

Indikator lain untuk bulan Maret beragam, dengan penjualan ritel mengalahkan ekspektasi, tetapi investasi tertinggal.

People’s Bank of China (PBOC) menetapkan suku bunga utama untuk pinjaman satu dan lima tahun pada hari Kamis. Ini telah ditahan masing-masing di 3,65% dan 4,30% sejak Agustus tahun lalu.

Berikut adalah tiga perkembangan utama yang dapat memberi pasar lebih banyak arah pada hari Rabu:

– Perdagangan Malaysia (Maret)

– Indeks Komposit Utama Australia (Maret)

– Penyesuaian tingkat inflasi Inggris dan Zona Euro (Maret)