BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mengapa dana pensiun berinvestasi di jalan raya luar negeri?

Mengapa dana pensiun berinvestasi di jalan raya luar negeri?

Keuangan11 24 Januari 12:33pengarangS: Jorn Lucas dan ANP

Investor pensiun APG menginvestasikan setengah miliar dolar di jalan tol di Indonesia. Investasi ini bukanlah investasi yang terisolasi, karena dana tersebut sebelumnya mengakuisisi saham di perusahaan Spanyol yang mengoperasikan jalan tol di Spanyol utara. Investor pensiun juga memiliki pengalaman yang diperlukan dalam investasi di jalan tol Perancis. “Metode ini memberikan arus kas yang sangat stabil,” kata Corny van Zijl, analis pasar saham di Cardano.

Mengapa dana pensiun Anda harus berinvestasi di jalan raya luar negeri?

APG mengumumkan minggu ini bahwa mereka akan berinvestasi di dua jalan tol di pulau Jawa, Indonesia, bersama dengan perusahaan milik negara dari Abu Dhabi dan Indonesia. Ini menyangkut ruas jalan Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang. Secara total, investasi ini mencakup investasi awal sebesar US$1 miliar, yang setengahnya akan dibiayai oleh APG.

Baca juga | Meningkatnya minat terhadap investasi ramah lingkungan di kalangan dana pensiun

Pada tahun 2018, investor pensiun telah mengakuisisi saham mayoritas di perusahaan Spanyol Itínere Infraestructuras. Perusahaan ini mengoperasikan lima konsesi jalan tol di Spanyol utara, termasuk di dekat Santiago de Compostela dan Pamplona.

Pengembalian yang stabil dan jangka panjang

“Ini adalah kontrak jangka panjang, jadi Anda benar-benar mempunyai sesuatu di tangan Anda,” kata van Zijl. Dalam kasus jalan tol di Jawa, pembangunan jalan tol saja akan memakan waktu antara lima hingga sepuluh tahun. Oleh karena itu, APG mengandalkan imbal hasil yang stabil dan berjangka panjang, yang 90 persennya akan bermanfaat bagi dana pensiun ABP.

“Semua mobil yang melewati gerbang tol menghasilkan arus kas yang stabil.”

Corny Van Ziegl, analis pasar saham

“Semua mobil yang melewati gerbang tol menghasilkan arus kas yang stabil,” jelas Van Zijl. Selain itu, ini merupakan perlindungan yang baik pada periode inflasi tinggi karena harga naik seiring dengan inflasi. Namun, bukan berarti keuntungannya juga jauh lebih tinggi dibandingkan investasi lainnya. “Ini adalah perusahaan swasta yang tidak terdaftar. Selalu ada ketidakpastian seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh.

Wijkertunnel adalah sapi perah

Awal pekan ini menjadi jelas bahwa banyak uang dapat dihasilkan dari investasi di bidang infrastruktur. Terowongan Wijker di bawah Kanal Laut Utara nampaknya menjadi sumber pendapatan nyata bagi ING dan Nationale Nederlanden. FD mengumumkan. Terowongan yang didirikan 28 tahun lalu ini dibiayai dengan dana swasta dan masing-masing pihak memiliki setengahnya. Sejak itu, mereka masing-masing mendapat lima puluh sen untuk setiap perjalanan melalui terowongan. “Contoh bagus dari investasi yang sukses,” kata van Zijl. “Mereka mendapatkan jackpot.”

“Setiap kesalahan akan merugikan dana pensiun Anda.”

Corny Van Ziegl, analis pasar saham

Baca juga | Berinvestasi pada senjata terlarang? “Lembaga-lembaga Belanda belum mengubah kebijakan mereka.”

Masih harus dilihat apakah investasi APG pada jalan tol di Pulau Jawa akan memiliki kisah sukses yang sama. Jumlah mobil yang melewati Wijkertunnel jauh lebih tinggi dibandingkan ketika pembangunan dimulai hampir tiga puluh tahun yang lalu. “Hal ini juga bisa terjadi di Indonesia, namun ada risikonya juga,” Van Zijl memperingatkan.

Baca juga | GL-PvdA: Tidak ada gunanya pelebaran jalan, pemeliharaan infrastruktur yang diprioritaskan

Setiap benjolan terasa sakit

Misalnya, dua tahun lalu APG menjual sahamnya di perusahaan air Inggris Thames Water karena penundaan besar dalam pekerjaan pemeliharaan sistem pembuangan limbah Inggris. “Itu adalah keuntungan sebesar £170 juta, yang sangat signifikan.”

Jika, sebagai pegawai pemerintah penerima pensiun ABP, Anda mengemudi di jalan raya di Spanyol utara atau beberapa tahun lalu di Jawa, Indonesia, dan kondisi jalannya buruk, Anda perlu memikirkannya, kata van Zijl. “Setiap kesalahan akan merugikan dana pensiun Anda.”

Investor pensiun APG menginvestasikan setengah miliar dolar di jalan tol di Indonesia. Investasi ini bukanlah investasi yang terisolasi, karena dana tersebut sebelumnya mengakuisisi saham di perusahaan Spanyol yang mengoperasikan jalan tol di Spanyol utara. Investor pensiun juga memiliki pengalaman yang diperlukan dalam investasi di jalan tol Perancis. (Kantor Berita Australia, Richard Broken/Hollandse Hoogt (Polisi Nasional Afghanistan/Richard Brocken)
READ  TikTok menginvestasikan $1,5 miliar di perusahaan e-commerce GoTo di Indonesia, Tokopedia