BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Microsoft akan menonaktifkan aplikasi OneDrive di Windows 7, 8 dan 8.1 pada Maret 2022 – Komputer – Berita

Serius, bagaimana Anda berbicara tentang “masih bekerja dengan sempurna” pada komputer berusia sepuluh tahun?

Saya mendapatkan MacBook di sini pada tahun 2007. Itu datang dengan OS X Tiger. Browser bawaan Safari tidak dapat menangani situs web HTTPS. Tidak ada pembaruan (lagi). Jadi dari segi software sudah tidak lagi kali ini.

Hanya saja baterainya sudah mati. WiFi berfungsi dengan sempurna, audio berfungsi dengan baik, trackpad berfungsi dengan baik, keyboard berfungsi dengan baik, layar berfungsi dengan baik, mikrofon berfungsi dengan baik, kamera berfungsi seperti yang Anda harapkan dari kamera berusia 14 tahun. Bahkan DVD burner masih berfungsi dengan baik. Dalam hal perangkat keras, itu masih PC yang bagus.

Solusinya? Ganti hard drive Anda dengan SSD kecil dan murah dengan Linux di dalamnya. Versi ringan, hanya ada 2 GB RAM (DDR) di MacBook. Instal Lubuntu 14.04 di atasnya dan migrasikan ke 16.04 dan kemudian ke 18.04. Sejauh yang saya mengerti, tidak ada lagi versi 32-bit Lubuntu 20.04 yang tersedia.

MacBook masih cocok untuk penggunaan sederhana. Internet akan bekerja lagi dan mendukungnya hingga 2023. Mungkin saat itu masih ada distro Linux 32-bit, yang juga cukup ringan. Mungkin masih tersedia BSD (FreeBSD / OpenBSD) 32-bit. Kemudian sirkuit selesai lagi (Apple OS berbasis BSD).

Karena saya hampir tidak pernah menyalakan MacBook saya, saya memberikannya kepada seseorang yang dapat menggunakannya karena laptop dan uang mereka dicuri dari rumahnya. Setidaknya dia dan keponakan kotanya dapat berpartisipasi dalam kelas online mereka lagi.

Jika ada cara yang mudah dan sangat murah untuk memperbaiki atau mengganti baterai, laptop akan tetap dapat digunakan setelah 14 tahun digunakan.

Saya tidak berpikir terlalu aneh bahwa Apple tidak lagi mendukungnya setelah 10 tahun. Terus mendukung semua perangkat lama ini tanpa batas juga berarti perangkat tersebut juga harus diuji pada semua varian ini sebelum pengiriman. Begitu juga dengan setiap pembaruan.

Anda benar, tidak dalam hal itu, tetapi jika perangkat keras Anda dirawat dengan baik dan dirawat secara normal, sebagian besar perangkat keras akan bertahan dalam 10 tahun. Jika Anda berhati-hati dengan peralatan Anda, itu bisa bertahan lebih dari 10 tahun. Jadi satu-satunya masalah perangkat lunak yang tersisa. Dan tampaknya perusahaan/administrator di belakang (beberapa) distro Linux mampu di mana pembuat MacBook, sebuah perusahaan dengan triliunan dolar di lengan baju mereka, tidak menginginkannya.

READ  Mahasiswa astronomi mendapat sepuluh untuk tesis: 'Perhatian media agak berlebihan'

Dalam hal keamanan, dukungan TLS 1.2/1.3 adalah masalah perangkat lunak. TPM terutama merupakan masalah perangkat keras (bahkan jika Anda ingin mensimulasikannya, Anda masih memerlukan beberapa perangkat keras). Jadi MacBook lama ini tidak terlalu berbahaya. “Masih berfungsi dengan sempurna”, ini tidak lagi berlaku dalam kasus saya, hanya karena baterai rusak. Tapi selebihnya masih berfungsi seperti baru. Lebih baik dari yang baru, bahkan karena peningkatan kecepatan dari SSD.