BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Miliarder Indonesia lebih kaya dari 100 juta orang termiskin

Angka dari organisasi pembangunan Inggris Oxfam menunjukkan bahwa ketimpangan di Indonesia belum pernah terjadi sebelumnya. Empat dari miliarder negara itu memiliki lebih banyak kekayaan daripada 100 juta masyarakat termiskin.

Tahun lalu, total kekayaan miliarder Indonesia adalah 23,7 miliar euro. Orang kaya yang terkenal adalah kakak beradik Bodhi dan Michael Hattono dan pengusaha Wonwidjogo, yang semuanya kaya dalam perdagangan tembakau. Setiap hari, masing-masing dari keempatnya menerima bunga lebih dari seribu kali lipat jumlah yang dibelanjakan bersama setiap tahun untuk kebutuhan dasar mereka.

3 euro per hari

Saya menulis bahwa orang miskin harus puas dengan sedikit uang iklanMenurut Bank Dunia, setidaknya 93 juta dari 250 juta penduduk Indonesia hidup dengan kurang dari €3 per hari. Indonesia menempati urutan keenam dalam peringkat negara paling timpang di dunia dengan angka tersebut.

“Puluhan juta rakyat Indonesia dirugikan, terutama perempuan,” tulis Oxfam dalam laporan yang dipublikasikan pada Kamis. “Ekonomi tumbuh sekitar 5 persen per tahun, tetapi kelompok yang relatif kecil diuntungkan dari itu.” Perekonomian Indonesia sendiri berjalan dengan baik. Masalahnya adalah sebagian besar uang jatuh ke tangan orang kaya. Pada tahun 2002 hanya ada satu miliarder, sekarang ada dua puluh. Presiden Joko Widodo mengakui masalah tersebut dan mengatakan ingin mengambil tindakan. “Pertumbuhan ekonomi sangat penting bagi pemerintah saya, tetapi yang paling penting adalah menjembatani kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Membawa investor harus bersyarat untuk memungkinkan negara dan rakyat mendapatkan keuntungan dari hasilnya.”

Apakah Anda melihat kesalahan? Email kami. Kami berterima kasih kepada Anda.

Membalas artikel:

Miliarder Indonesia lebih kaya dari 100 juta orang termiskin

READ  Mengapa Gantungan Piring Sarapan Bulat harus dibuat di Shanghai?