BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Misi Starlink Selasa dari Cape Canaveral

Misi Starlink Selasa dari Cape Canaveral

Ia memainkan

Ringkasan peluncuran: Gulir ke bawah untuk meninjau liputan langsung lepas landas roket SpaceX Falcon 9 pada hari Selasa, 23 April, dari Cape Canaveral, yang menandai pendaratan ke-300 roket Falcon.

Selamat datang di liputan langsung Tim Luar Angkasa FLORIDA TODAY tentang misi SpaceX Starlink 6-53 malam ini dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Pejabat SpaceX menunda peluncuran awal misi tersebut pada Senin malam karena mereka menghadapi prakiraan cuaca buruk. Kini, SpaceX menargetkan peluncuran roket Falcon 9 pada pukul 18:17 EST dari Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Falcon 9 akan mengerahkan konstelasi 23 satelit internet Starlink lainnya, yang ditempatkan di dalam fasia di atas roket setinggi 230 kaki.

Diperkirakan tidak ada ledakan sonik di Florida tengah selama misi Starlink 6-53. Setelah melonjak ke langit sepanjang lintasan tenggara, pendorong tahap pertama roket akan mendarat di kapal drone di laut 8 setengah menit setelah lepas landas.

Tanjung Canaveral: Apakah ada peluncuran hari ini? Jadwal peluncuran roket mendatang untuk SpaceX, ULA dan NASA di Florida

Pembaruan 18:25: Roket Falcon 9 tahap pertama baru saja mendarat di kapal drone SpaceX, tinggal membaca instruksinya, di Samudera Atlantik, menyelesaikan misi kesembilannya.

Pembaruan 18:17: SpaceX baru saja meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa 23 satelit Starlink dari Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Pembaruan 18:12: Webcast peluncuran SpaceX yang dihosting di X (sebelumnya Twitter) kini diposting di atas, tepat di bawah jam hitung mundur.

Pengangkatan dijadwalkan selama lima menit dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

READ  Tetap fleksibel dan sehat seiring bertambahnya usia

Pembaruan 18:04: SpaceX mengatakan misi malam ini menandai penerbangan kesembilan roket tahap pertama Falcon 9.

Booster tersebut sebelumnya telah meluncurkan Crew-6, SES O3b mPOWER, USSF-124, dan lima misi Starlink.

Setelah pemisahan tahap, kru memperkirakan booster akan mendarat di kapal drone Read Instructions Only di Samudera Atlantik 8 menit 31 detik setelah lepas landas.

Pembaruan 17:56: “Semua sistem dan cuaca terlihat bagus untuk peluncuran hari ini dari Florida,” pejabat SpaceX mengumumkan dalam sebuah tweet.

Pembaruan 17:50: Pejabat Manajemen Darurat Brevard County telah mengaktifkan tim dukungan peluncuran badan tersebut menjelang peluncuran Falcon 9 SpaceX yang akan datang.

Pembaruan 17:43: Prosedur pengisian bahan bakar untuk roket Falcon 9 kini sedang berlangsung di Launch Complex 40, SpaceX baru saja mengumumkan.

Ini berarti hitungan mundur Starlink malam ini telah berakhir untuk lepas landas pada pukul 18:17 tanpa penundaan, jika tidak maka peluncuran harus ditunda.

Pembaruan 17:29: Berikut rincian kronologi hitung mundur di balik layar SpaceX. T dikurangi:

  • 38 menit: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa “peluncuran” pemuatan propelan.
  • 35 menit: Pemuatan roket minyak tanah dan tahap pertama oksigen cair dimulai.
  • 16 menit: Tahap kedua pemuatan oksigen cair dimulai.
  • 7 menit: Falcon 9 memulai pendinginan mesin sebelum diluncurkan.
  • 1 menit: Komputer komando penerbangan memulai pemeriksaan pra-peluncuran terakhir; Tekanan tangki bahan bakar dimulai hingga mencapai tekanan jelajah.
  • 45 detik: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa waktu peluncuran.
  • 3 detik: Modul kontrol mesin mengontrol permulaan urutan pengapian mesin.
  • 0 detik: Daun-daun.

Pembaruan 17:15: Peringatan navigasi Badan Geospasial-Intelijen Nasional menunjukkan bahwa SpaceX menargetkan upaya peluncuran roket berturut-turut pada hari Sabtu dan Minggu dari Space Coast.

SpaceX belum mengumumkan misi ini. Namun pada Sabtu malam, roket SpaceX Falcon 9 mungkin meluncurkan satelit Galileo untuk Sistem Navigasi Global Badan Antariksa Eropa antara pukul 20:29 hingga 21:11.

READ  Kota New York sedang tenggelam. Bintik-bintik ini tenggelam lebih cepat.

Kemudian pada hari Minggu, jendela peluncuran Starlink lainnya akan dibuka mulai pukul 17:50 hingga 22:21

Pembaruan 16:54: Skuadron Cuaca ke-45 Angkatan Luar Angkasa memperkirakan kemungkinan cuaca “lift to launch” malam ini lebih dari 95%.

“Tekanan tinggi dengan cepat turun ke Amerika Serikat bagian tenggara pada malam hari (Senin), dan berpusat di lepas pantai timur laut Florida pada hari Selasa. Kedekatan dengan pusat tinggi akan membuat aliran cahaya timur-timur laut memasuki jendela peluncuran pada Selasa malam, tetapi Ini juga memungkinkan adanya puncak yang rendah dan perkiraan gerombolan mengatakan permukaan stratocumulus campuran akan mengalir ke pantai.

“Ini diperkirakan tidak akan menjadi masalah cuaca pada saat peluncuran karena ketinggiannya akan dibatasi oleh kondisi yang lebih kering,” kata prakiraan tersebut.

Untuk berita terkini dan jadwal peluncuran dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral dan Pusat Antariksa Kennedy NASA, kunjungi floridatoday.com/space.

Rick Neil Dia adalah koresponden luar angkasa Florida Today (untuk cerita selengkapnya, klik disini.) Hubungi Neil [email protected]. Twitter/X: @Rick Neal1

Ruang angkasa penting bagi kami, itulah sebabnya kami berupaya menyediakan cakupan industri dan operasi peluncuran tertinggi di Florida. Jurnalisme seperti itu membutuhkan waktu dan sumber daya. Tolong dukung dia dengan berlangganan di sini.