BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mitra NASA mengatakan pendarat di bulan Odysseus mungkin telah terbalik

Mitra NASA mengatakan pendarat di bulan Odysseus mungkin telah terbalik

Para pejabat masih berusaha mendapatkan gambar dari permukaan bulan.

Saat dunia menunggu Odysseus mengirimkan kembali gambar pertamanya dari permukaan bulan, para pejabat mengumumkan pada Jumat sore bahwa pendarat bulan mungkin telah melakukan kesalahan.

Intuitive Machines, sebuah perusahaan swasta di Houston yang bermitra dengan NASA, mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka yakin Audi menabrak batu saat mendarat dan terbalik.

Sebagian besar muatan pendarat masih beroperasi, dan Audi bertenaga surya memiliki daya baterai 100%, menurut perusahaan.

Odysseus adalah pesawat ruang angkasa berbasis di AS pertama yang mendarat di bulan dalam lebih dari 50 tahun. Ini juga merupakan pendaratan komersial pertama di bulan dalam sejarah AS.

Pesawat ruang angkasa itu diluncurkan minggu lalu dari Kennedy Space Center NASA di Florida dan memasuki orbit bulan pada hari Rabu sebelum mendarat di permukaan bulan.

Meskipun pendarat belum mengirimkan kembali gambar apa pun dari permukaan bulan pada Jumat malam, Mesin Intuitif merilis satu gambar yang diambil saat mencapai kamera Odie selama penerbangan.

Gambar tersebut diambil enam mil di atas kawah dekat kutub selatan bulan, dan sekitar 124 mil dari lokasi pendaratannya, menurut perusahaan tersebut.

Pendarat ini membawa lima instrumen NASA, termasuk suar radio yang dimaksudkan untuk menyampaikan lokasi geografis yang tepat dan kamera yang menangkap perubahan permukaan bulan akibat interaksi dengan poros penggerak pesawat ruang angkasa, serta kargo komersial.

READ  Dalam fosil kotoran dinosaurus, para ilmuwan menemukan harta karun