BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Negara penting yang biasanya diabaikan orang

Bukan kebetulan Indonesia menjadi tuan rumah G20 bulan ini. PDB Indonesia adalah salah satu yang tumbuh paling cepat di dunia, dan sekitar 100 juta orang Indonesia membelanjakan $80 miliar untuk layanan digital setiap tahun. Negara ini memiliki banyak aset untuk memperluas pengaruhnya secara signifikan.

Mengapa ini penting?

Di antara negara adidaya China dan AS, Indonesia adalah pasar berkembang yang luar biasa. Ini adalah demokrasi terbesar ketiga di dunia dan memiliki populasi terbesar keempat di Bumi dengan 276 juta orang. Penduduknya umumnya sangat muda dan mayoritas beragama Islam. Negara ini harus menemukan jalannya dalam beberapa dekade mendatang di dunia di mana globalisasi terhenti dan Barat menurun.

Gambar besar: 24 tahun setelah krisis keuangan Asia dan lengsernya diktator Suharto, mesin ekonomi Indonesia kembali berjalan dengan kecepatan penuh.

  • Indonesia telah menjadi penghubung penting dalam produksi baterai untuk mobil listrik. Sebagian besar logam yang dibutuhkan untuk ini ditambang di dalam negeri.
  • Indonesia telah memilih untuk tidak mengekspor logamnya secara massal, tetapi memaksa perusahaan multinasional untuk mendirikan pabrik di dalam perbatasannya. Anda tahu bahwa 20 miliar dolar telah dipompa ke dalam negeri dengan cara ini Ekonom. Selain itu, penggunaan energi hijau di sektor ini juga didorong oleh pemerintah.
  • Unsur utama keberhasilan Indonesia adalah koalisi politik yang stabil yang telah dibangun oleh Presiden Joko Widodo sejak 2014. Keuangan publik telah melihat restrukturisasi dan terpelihara dengan baik. Undang-undang pendidikan dan perburuhan terus dimodernisasi. Korupsi tetap menjadi masalah, meskipun banyak kemajuan telah dicapai, kata Economic Journal.

Juga penting: Posisi geopolitik Indonesia memegang peranan penting.

  • Posisi Indonesia diuntungkan karena letak geografisnya yang berada di antara India, China, dan AS. Namun, negara ini memiliki tradisi netral secara politik sejak tahun 1950-an.
  • Alhasil, modal dapat diperoleh dari semua pihak yang berkepentingan tanpa ada masalah. Indonesia telah menginvestasikan US$6 miliar Kaisar Baterai Cina CATL. Tapi Joko Widodo juga menjangkau Tesla untuk sementara.
  • Umum untuk Indonesia: Widodo adalah satu-satunya pemimpin politik yang bertemu dan mengamati Joe Biden, Vladimir Putin, Xi Jinping, dan Volodymyr Zelensky tahun ini. Ekonom.

Indonesia harus memihak pada suatu hari nanti

Kebenaran yang brutal: Indonesia siap menjadi salah satu ekonomi terbesar dunia dalam dekade mendatang. Tapi bahaya mengintai di tikungan.

  • Pertama, banyak tanda tanya seputar suksesi Joko Widodo; Tidak ada penerus yang pasti. Anda tahu beberapa pendukungnya ingin Widodo mengubah konstitusi agar dia bisa berkuasa lebih lama Ekonom. Setelah dia, negara ini kemungkinan besar akan jatuh ke dalam oligarki atau fundamentalisme Muslim.
  • Negara tersebut juga harus memastikan bahwa ia tidak memaksakan proteksionismenya terhadap pasar dan logam terlalu jauh. Misalnya, Apple memilih ke Vietnam Untuk lini produksi barunya karena undang-undang ketenagakerjaan masih ketat di Indonesia.
  • Namun, risiko terbesarnya adalah ketegangan politik Indonesia menjadi tidak berkelanjutan. China berinvestasi setidaknya empat kali lebih banyak dari AS. Jika ketegangan meningkat antara dua negara adidaya atas Taiwan, Indonesia harus memihak jika tidak ingin kehilangan akses ke jalur laut utamanya.
READ  Baterai di mobil listrik perlu didaur ulang