BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Petugas penyelamat Indonesia bergegas ke korban gempa bumi dahsyat

Gempa berkekuatan 5,6 melanda dekat kota pegunungan Cianjur di provinsi terpadat di Indonesia. Orang-orang berlarian ke jalan-jalan panik setelah gempa Senin sore menyebabkan bangunan runtuh.

Semalam, tempat parkir rumah sakit di Cianjur dipenuhi korban, beberapa dirawat di tenda darurat dan beberapa diinfus di trotoar, saat staf medis menjahit pasien akibat cahaya suar.

“Semuanya ambruk di bawah saya dan saya remuk di bawah bayi ini,” kata Kuku, 48, kepada Reuters dari tempat parkir rumah sakit yang penuh sesak.

“Dua anak saya selamat, saya gali… dan saya bawa dua lagi ke sini, satu masih hilang,” katanya sambil berlinang air mata.

Pada Selasa pagi, ratusan petugas polisi membantu upaya penyelamatan, kata juru bicara kepolisian nasional Teddy Prasetyo kepada kantor berita Antara.

“Tugas kerja utama untuk kru hari ini adalah fokus untuk mengeluarkan kecelakaan,” katanya.

Gempa Senin menewaskan sedikitnya 162 orang, banyak dari mereka anak-anak. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan lebih dari 300 orang terluka.

Para pejabat bekerja dengan asumsi bahwa jumlah korban luka dan tewas akan meningkat seiring berjalannya waktu,” katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan telah mengkonfirmasi 62 kematian dan belum memverifikasi 100 orang lagi yang terkena dampak.

Pada Selasa, petugas berupaya menjangkau kawasan Gukenang yang terendam longsor.

Operasi penyelamatan terhambat oleh pemadaman listrik di beberapa daerah dan lebih dari 80 gempa susulan.

Gempa yang dirasakan kuat di ibukota Jakarta, sekitar 75 km, merusak setidaknya 2.200 rumah dan mengungsi lebih dari 5.000 orang, kata BNPB.

Indonesia terletak di zona seismik yang sangat aktif yang dikenal sebagai “Cincin Api”, tempat beberapa lempeng kerak bumi bertemu, dan memiliki sejarah gempa dahsyat.

READ  Hmm! Toko ini menghadirkan cita rasa otentik Indonesia dan Thailand ke piring Anda di rumah Untuk Yang Memiliki (Hati Hijau)

Pada tahun 2004, gempa berkekuatan 9,1 SR di lepas pantai utara Indonesia Sumatera memicu tsunami yang melanda 14 negara dan menewaskan 226.000 orang di sepanjang pantai Samudra Hindia, lebih dari setengahnya di Indonesia.