BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Netflix tidak akan menampilkan serial mata-mata di Vietnam karena peta laut yang ‘salah’



Netflix tidak akan menampilkan serial mata-mata di Vietnam karena peta laut


© ANP
Netflix tidak akan menampilkan serial mata-mata di Vietnam karena peta laut yang ‘salah’

Netflix tidak lagi menawarkan seri mata-mata Australia Pine Gap di Vietnam. Negara tersebut telah mengajukan keluhan tentang serial tersebut pada peta yang menggambarkan Laut China Selatan sebagai milik China. Sengketa wilayah antara China dan Vietnam telah terjadi selama bertahun-tahun.

Laut Cina Selatan kaya akan ikan, minyak dan gas alam dan karena itu memiliki kepentingan ekonomi yang besar. Selain China dan Vietnam, Singapura, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Filipina juga berada di perairan ramai. Ada pertempuran biasa yang terkadang menimbulkan korban.

Kartu kontroversial muncul di dua dari enam episode Celah Pinus. Vietnam Broadcasting Corporation percaya bahwa Netflix telah “menyinggung dan membuat marah semua penduduk Vietnam”. Peta tersebut menunjukkan grafik batas yang sering digunakan oleh China untuk mengklaim Laut China Selatan. Gambar ini memotong bagian laut yang juga disebut Vietnam. Gambar perbatasan juga muncul dalam film animasi DreamWorks 2019 Abominable, yang diambil dari bioskop Vietnam.

Menurut regulator Vietnam, ini bukan pertama kalinya tahun ini Netflix “mendistribusikan film dan serial yang melanggar kedaulatan Vietnam”. Vietnam telah berbicara tentang serial “The Lady Secretary”, di mana sebuah kota pesisir Vietnam digunakan untuk memfilmkan latar Cina.

Netflix mengonfirmasi bahwa pemirsa di belahan dunia lain masih dapat menonton Pine Gap. Serial ini juga dapat ditonton di layanan streaming versi Belanda.

READ  Balas Dendam Diponeguru: Lawan di Hindia Belanda