BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Nick Hannes, satu-satunya foto pemenang penghargaan Pers Dunia Belgia: “Tunjukkan sisi negatif paranoid dari ibu kota baru Mesir” (Wijnegem)

Nick Hannes, satu-satunya foto pemenang penghargaan Pers Dunia Belgia: “Tunjukkan sisi negatif paranoid dari ibu kota baru Mesir” (Wijnegem)

John Ohman

Nick Hannes, fotografer.© Nick Hance

World Press Photo tahunan memberikan penghargaan jurnalisme foto terbaik tahun lalu. Juri independen memilih 24 pemenang dan enam penghargaan terhormat dari lebih dari 60.000 entri dari 3.752 fotografer dari 127 negara.

“Jadi saya – untuk pertama kalinya – salah satu dari mereka,” kata Nick Hans (48), yang dibesarkan di Wijnegem, yang tinggal bersama keluarganya di De Keer di Oelegem, dan lebih suka bepergian ke seluruh dunia. Di tempat yang kurang jelas, kehidupan dan orang ditangkap secara instan, tanpa filter.

“Jadi entri saya bukanlah satu foto, tetapi serangkaian sepuluh foto yang saya ambil tahun lalu di ibu kota baru Mesir yang sedang dibangun,” kata penerima penghargaan. Itu adalah perjalanan yang penuh dengan rintangan, batasan, dan frustrasi birokrasi dalam mendapatkan izin yang tepat untuk syuting di lokasi. Jadi saya sangat senang bahwa serial ini secara khusus sekarang menerima penghargaan.”

Paranoid

Topik Hannes sangat spesial. Area gurun seluas 700 kilometer persegi di sebelah timur Kairo telah diubah menjadi area konstruksi besar-besaran. Sejak 2016, konstruksi sedang berlangsung di sini di ibu kota administratif baru Mesir. Proyek prestise megalomaniak Presiden Abdel Fattah El-Sisi membayangkan pemindahan semua kementerian, kedutaan besar, istana kepresidenan, beberapa universitas, dan kantor pusat bank dan perusahaan besar. Setelah selesai, 6 juta orang diharapkan di sini.

Menurut pemerintah Mesir, ibu kota baru akan menjadi kota pintar ultra-modern. Pusat komando pusat akan menggunakan sensor, drone, dan ribuan kamera untuk memantau semua infrastruktur, utilitas, arus lalu lintas, dan bahkan kualitas udara. Bawah tanah penuh dengan kabel serat optik untuk transmisi data. Penghuni menerima kartu pintar yang memungkinkan mereka membayar, memarkir, dan mengakses barang-barang mereka.

READ  Indonesia melarang transaksi e-commerce di media sosial

Nick Hannes: Ini akan menjadi kota berdasarkan model Dubai. Kontras dengan Kairo tua yang padat sangat kontras. Para kritikus melihat pembangunan ibu kota baru sebagai langkah selanjutnya dalam kesenjangan sosial dan ekonomi yang terus tumbuh antara massa yang tidak bahagia dan segelintir orang yang bahagia. Sementara penduduk Old Cairo dibiarkan berjuang sendiri, sektor real estat swasta memperketat cengkeramannya pada masyarakat.”

Gambar lain dari seri di mana Nick Hannes memenangkan penghargaan.© Nick Hance

Pameran ponsel

Nick Hannes adalah satu-satunya pemenang Belgia dari World Press Photo 2023. “Hadiah uang tunai (1.000 euro) tentu saja bisa lebih,” Nick tertawa. “Tapi penjangkauan besar-besaran dari gambar pers global yang sangat penting. Gambar pemenang akan disertakan dalam pameran keliling yang akan ditampilkan di lebih dari 70 kota di 30 negara di seluruh dunia. Mereka juga telah disertakan dalam sebuah buku tahunan dalam enam bahasa, dalam 30.000 eksemplar Visi ini adalah Sesuatu yang paling penting bagi saya, karena itu akan mengarah pada peluang atau misi lain.

Hannes saat ini sedang mengerjakan buku foto baru tentang The New Capitals, yang selain seri pemenang penghargaan ini, juga akan menampilkan foto ibu kota Kazakhstan, Brasil, Korea Selatan, Nigeria, dan Indonesia. “Saya ingin merilis buku ini awal tahun depan, bersamaan dengan pameran baru. Dan untuk itu, promosi apa pun diterima. Proyek dokumenter saya, yang seringkali membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan, dirancang, diatur, dan dibiayai dari bawah ke atas sendiri, yang merupakan no-brainer.” Perkiraan ini sangat memuaskan.”

Upacara penghargaan

Pada bulan Mei, selama acara empat hari di Amsterdam, Nick Hannes akan menerima penghargaannya di hadapan semua pemenang, juri, dan orang-orang menarik lainnya dari dunia fotografi internasional. (Ya)

READ  Penampilan terbaik di Festival Film Venesia 2022

www.nickhannes.be

Foto lucu “Hub Zero” diambil di Dubai pada tahun 2016.© Nick Hance

Dari ibu kota baru, Mesir.© Nick Hance

Dari ibu kota baru, Mesir© Nick Hance