BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

NUC non-Intel pertama – Pratinjau

NUC non-Intel pertama – Pratinjau

Ketika Intel mengalami masa sulit finansial tahun lalu, Intel memutuskan untuk mendivestasikan beberapa bisnis sampingannya, termasuk unit bisnis yang membuat komputer pribadi NUC kecil. ASUS mengakuisisi seri ini pada musim panas ini dan menghadirkan produk pertamanya dengan nama NUC di CES, yang dapat saya lihat lebih dekat.

Dengan kata-katanya sendiri, ASUS ingin terus melengkapi perangkat-perangkat yang sudah dikenal dengan NUC-nya dan memberikan energi baru pada seri ini dengan produk-produk yang benar-benar baru. Mini PC yang paling Anda kenali sebagai NUC adalah NUC 14 Pro, yang merupakan penerus langsung Intel NUC 13 Pro.

Baru 14 Pro

Meski prosesor mobile terbaru Intel tidak lagi resmi disebut generasi ke-14, NUC 14 Pro tentu saja menggunakan chip Core Ultra terbaru yang dikenal dengan nama kode Meteor Lake. Kami sebelumnya menulis pratinjau panjang tentang prosesor yang sangat inovatif secara teknis ini, dimana Intel menggunakan desain microchip untuk pertama kalinya.

NUC 14 Pro menggunakan ukuran familiar yaitu 4 x 4 inci, yaitu sekitar 10 x 10 cm, sehingga aksesori yang ada seperti dudukan layar tetap kompatibel. Hal ini sangat penting terutama bagi pelanggan bisnis, yang dapat dengan mudah melakukan upgrade. Seperti yang kami harapkan dari Intel, dua versi akan dirilis: versi low-end di mana Anda cukup memasang SSD M.2 dan versi high-end di mana ada ruang untuk SSD atau 2,5 inci. perangkat keras. Seperti sebelumnya, Anda dapat dengan mudah mengakses komponen dengan melepas bagian bawah mini PC. Sebelumnya, Anda harus menggunakan sekrup, namun berkat mekanisme penguncian yang baru, kini Anda dapat melakukannya sepenuhnya tanpa alat. Untuk keamanan tambahan, misalnya saat digunakan di ruang publik, Anda dapat memindahkan panel ini ke tempatnya jika diinginkan, dan mengencangkannya dengan sekrup.

READ  Mantan studio direktur The Witcher 3 menerima investasi dari NetEase - Gaming - News

ASUS telah membuat casing NUC 14 Pro dari plastik, sama seperti Intel generasi terbaru. Unit yang ditampilkan masih pra-produksi dan tidak berisi perangkat keras, namun kesan pertama saya adalah bahwa bahan yang digunakan jelas kurang tahan lama dibandingkan dengan yang ditemukan di NUC Intel. Ini mungkin menjadi lebih baik di versi final, yang kemungkinan akan menyertakan kerangka logam untuk penguatan.

Di bagian depan NUC Anda akan menemukan tombol on/off dan tiga port USB. Dua port USB-A beroperasi pada kecepatan maksimum 10 Gb/dtk, dan port USB-C beroperasi pada kecepatan maksimum 20 Gb/dtk. Saya rasa ada baiknya sekarang memiliki port USB-C di bagian depan, karena dengan NUC Intel Anda masih harus berada di bagian belakang. Jack headphone telah dihilangkan dari desain ASUS. Untuk menyambungkan headphone atau speaker berkabel, Anda harus menggunakan output pada monitor Anda.

Di bagian belakang Anda akan menemukan banyak port: dua port HDMI 2.1, dua port Thunderbolt 4, dan port Ethernet 2.5Gb/s (Intel I226-V/LM) adalah yang paling penting. Pada model High, letak lubang berukuran 2,5 inci terlihat jelas, dengan dua sekrup di kedua sisinya. Namun, ini bukanlah buaian atau semacamnya; Menurut pabrikannya, SSD dipasang rata di pelat bawah.

NUC 14 Pro dapat dilengkapi dengan Core Ultra 7 165H atau 155H, Core Ultra 5 135H atau 125H, atau Core 3 100U. Prosesor dapat mengkonsumsi maksimum 40 watt. Jika Anda membeli versi barebone, Anda harus menyediakan maksimal dua Sodimm DDR5 dan dua SSD M.2. Kedua slot SSD mendukung PCIe 4.0 x4, namun meskipun slot utama dapat menampung SSD standar M.2 2280, SSD di slot sekunder mungkin hingga M.2 2242. Chip WiFi yang digunakan adalah Intel AX211 dengan Wi-Fi 6E mendukung .

READ  Pembaruan Firmware: Synology DSM 7.2.1 build 69057 Pembaruan 2 - PC - Unduhan

Baru 14 Pro+

Dengan NUC 14 Pro+, ASUS sudah mengambil langkah kecil menuju konsep aslinya, karena mini PC ini tidak lagi berbentuk persegi, melainkan persegi panjang. Ukurannya 4 x 5 inci, atau 12,7 x 10 cm. Ruang ekstra ini memberi ASUS lebih banyak ruang untuk mendinginkan. Dengan demikian, NUC 14 Pro+ mampu menampung maksimal prosesor Intel Core Ultra 9 185H yang memiliki kecepatan clock maksimum sedikit lebih tinggi. Lebih penting lagi, prosesor di Pro+ diperbolehkan mengonsumsi 65W, sedangkan prosesor di NUC biasa dibatasi hingga TDP 40W.

Casing yang lebih besar pada model ini memiliki finishing yang lebih mewah dan terbuat dari aluminium anodized. Hanya panel dasarnya yang terbuat dari plastik putih.

ROG NUC

ASUS benar-benar tampil maksimal dengan ROG NUC, mini PC yang sudah tidak ada hubungannya lagi dengan konsep aslinya. Berbeda dengan seri Intel NUC Extreme, ASUS tidak menggunakan CPU seri desktop untuk mini PC gamingnya, melainkan chip Core Ultra 7 atau 9 dari seri Meteor Lake terbaru untuk laptop. Perbedaan utama dengan NUC biasa adalah ROG NUC dilengkapi dengan kartu video diskrit: varian seluler RTX 4060 atau RTX 4070.

Sasis ROG NUC berukuran 14.4×11.2×4.1cm sehingga memiliki kapasitas 2,5 liter. Itu masih kompak, tapi jauh lebih besar dari NUC biasa di bawah 0,5 liter. Selain ruang yang ditempati oleh kartu video, terutama digunakan untuk pendinginan, namun opsi penyimpanan ROG NUC juga lebih lega. Anda dapat memasang tiga SSD M.2 2280 dengan antarmuka PCIe 4.0 x4. Anda dapat menempatkan memori di dua slot DDR5 SODIMM, yang mendukung kecepatan maksimum 5600MT/s.

Anda dapat menggunakan ROG NUC dalam orientasi horizontal dan vertikal; Penahan penjepit disertakan untuk skenario terakhir. Yang juga menonjol dari luarnya adalah mini PC ini memiliki logo dengan lampu RGB, yang dapat Anda aktifkan melalui software Armory Crate, dan mesin ini juga memiliki banyak port. Di bagian depan Anda akan menemukan jack audio, dua port USB-A 10 Gb/s, dan pembaca kartu SD yang mendukung standar SD Express terbaru. Di bagian belakang, ASUS menempatkan port Thunderbolt 4, empat port USB-A (2x 10Gbit/s, 2x USB 2.0), satu port HDMI, dua output DisplayPort, port Ethernet 2,5Gbit/s, dan sambungan listrik. Anda dapat menghubungkan catu daya eksternal 330W ke yang terakhir. Seperti NUC biasa, ASUS menggunakan adaptor Intel Wi-Fi 6E untuk konektivitas nirkabel.

READ  Tengah hari, Senin 26 Februari 2024 - Puzzle

Ketersediaan dan harga

ASUS berencana merilis NUC 14 Pro, NUC 14 Pro+, dan ROG NUC pada musim semi ini, dan ROG NUC kemungkinan akan menyusul lebih lambat dibandingkan dua model regulernya. Harganya belum diketahui, tapi mungkin tidak jauh berbeda dari apa yang diminta Intel untuk komunitas perkotaan barunya. ROG NUC akan berharga sekitar 2.000 euro sebagai versi sederhana untuk versi RTX 4060, dengan biaya tambahan dua hingga tiga ratus euro untuk versi dengan GPU RTX 4070. Tentu saja, varian dengan memori dan SSD yang sudah diinstal sebelumnya akan menjadi lebih mahal.