BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

NVWA menolak mengimpor tanaman rentan Xylella fastidiosa dari 13 negara ketiga | item berita

unsur berita | 03-01-2023 | 13:13

Mulai 2 Maret 2023, Otoritas Produk Konsumen dan Keamanan Pangan Belanda (NVWA) akan menolak mengimpor tanaman yang rentan. Xylella fastidiosa Itu berasal dari 13 negara ketiga. Ini adalah hasil dari tindakan Eropa yang akan mulai berlaku pada 1 Maret 2023. Ini menyangkut pengiriman dari negara-negara berikut: Argentina, Chili, Cina, Kolombia, Ekuador, Filipina, India, india, Yordania, Uzbekistan, Peru, Srilangka dan Vietnam.

Uni Eropa (UE) mengambil tindakan ini karena 13 negara telah gagal menunjukkan secara memadai bahwa mereka bebas dari Xylella. Semua negara ketiga diwajibkan oleh undang-undang UE mulai 1 Maret 2023 untuk menyiapkan deklarasi berdasarkan persyaratan teknis tertentu. Komisi Eropa (EC) telah beberapa kali meminta pertanggungjawaban negara-negara ini pada tahun 2022 dan awal 2023. Namun, informasi yang diberikan oleh negara-negara tersebut sejauh ini tidak mencukupi.

tindakan drastis

Artinya, mulai 2 Maret 2023, NVWA akan menolak pengiriman tanaman yang rentan terhadap infeksi Xyllella (tanaman budidaya, tidak termasuk benih) dengan sertifikat phytosanitary tertanggal 1 Maret 2023 atau setelahnya. Jika nanti negara-negara yang terlibat melakukan survei yang tepat atau bisa mengeluarkan jaminan, impor bisa kembali dilakukan. Daftar negara, wilayah, dan lokasi produksi resmi dikelola dan diterbitkan oleh Komisi Eropa.

objek karantina

Xylella fastidiosa Ini adalah bakteri yang sangat berbahaya bagi lebih dari 300 spesies tanaman. Xylella dapat menyebabkan tanaman layu, kering, dan mati. Wabah penyakit dapat berdampak buruk bagi tanaman di taman dan kebun, dan bagi bisnis yang menangani tanaman. Inilah mengapa NVWA memeriksa perbatasan dan menyaring penanam dan importir. Xylella adalah organisme karantina Eropa. Ini berarti bahwa itu harus dihilangkan segera setelah terdeteksi. Bakteri tersebut tidak berbahaya bagi manusia dan hewan.

READ  blog langsung | "Pengusiran setengah dari pasukan Donetsk"; Rusia menuduh Ukraina menghalangi pengiriman

Daftar tanaman inang untuk Xylella fastidiosa Itu ditunjukkan pada lampiran pertama dari Peraturan UE 2020/1201.

informasi lebih lanjut

Pelanggan dan perusahaan dapat menghubungi Customer Contact Center atau 0900-03 88 (biaya panggilan biasa).

Untuk pertanyaan seputar pemberitaan ini, wartawan dapat menghubungi Tim Juru Bicara NVWA, telepon (088) 22 33700.