BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

OPPO Perkenalkan Lensa Zoom Optik Setara 85-200mm Untuk Smartphone – Tablet dan Ponsel – Berita

OPPO sedang mengerjakan zoom optik periferal dengan bagian yang bergerak untuk smartphone. Lensa zoom memiliki jangkauan yang setara dengan 85-200mm pada kamera full-frame. OPPO juga menawarkan stabilisasi gambar 5-sumbu untuk smartphone.

OPPO berbicara tentang “zoom optik berkelanjutan” dan mengacu pada fakta bahwa lensa 85-200mm sebenarnya adalah lensa zoom dengan panjang fokus yang berbeda. Pabrikan Cina menggunakan struktur periskop untuk ini, di mana lensa datar di telepon dan sensor miring. Cahaya memasuki telepon melalui prisma.

“Lensa zoom” saat ini pada ponsel cerdas hampir selalu merupakan lensa telefoto dengan panjang fokus tetap. Misalnya, dalam istilah pemasaran, produsen menyebutnya sebagai “zoom optikal” 5x, jika panjang fokus lensa telefoto 5x lebih panjang dari kamera utama.

Sebagai perbandingan, perbesaran 85-200mm akan memberikan zoom optik maksimum 8x. Kamera utama untuk ponsel biasanya setara dengan lensa 24mm hingga 28mm. Rentang zoom 85-200 mm sebenarnya 2,3x, karena ini ditentukan oleh rasio antara panjang fokus terpanjang dan terpendek.

OPPO mengatakan menggunakan struktur lensa yang terbuat dari kaca dan plastik, dengan “lensa asferis ultra-tipis”, yang seharusnya memastikan kualitas gambar yang baik. Belum diketahui kapan lensa zoom akan mencapai smartphone. VIVO sudah menunjukkan tahun lalu Smartphone dengan zoom optik. Dengan Xperia 1 III, Sony sudah memiliki kamera dengan lensa telefoto yang dapat beralih di antara dua panjang fokus, 75 dan 105 mm.

Stabilisasi gambar 5-sumbu

OPPO juga memamerkan teknologi OIS 5-sumbu. Stabilisasi gambar 5-sumbu menggunakan giroskop untuk mendeteksi gerakan. Baik lensa maupun sensor gambar dapat bergerak sepanjang lima sumbu untuk mengimbangi gerakan tersebut. Stabilisasi lensa optik digunakan untuk gerakan kecil, dan sensor sakelar digunakan untuk gerakan yang lebih besar.

READ  Anda harus memiliki alat AliExpressass murah ini!

OPPO mengklaim bahwa ini memungkinkan sudut stabilisasi maksimum 3 derajat, yang tiga kali lebih banyak daripada teknologi stabilisasi gambar lainnya di smartphone. Mulai awal tahun depan, OPPO akan menggunakan teknologi tersebut di smartphone.

Sensor RGBW baru dan kamera layar belakang

OPPO juga menunjukkan versi baru dari sensor RGBW, sebuah sensor dengan sub-piksel ekstra putih, yang seharusnya menguntungkan sensitivitas cahaya. OPPO mengklaim bahwa sensor baru menghasilkan kebisingan hingga 35 persen lebih sedikit. Pabrikan tidak mengatakan apa-apa tentang dimensi sensor. Sensor baru akan tiba di ponsel OPPO pada akhir tahun ini. Beberapa kamera ponsel sebelumnya telah memodifikasi tata letak piksel untuk meningkatkan sensitivitas cahaya. Misalnya, sensor Sony di ponsel Huawei telah menggantikan subpiksel hijau dengan subpiksel kuning. Huawei telah menggunakan sensor ini selama beberapa tahun. Sebelumnya, Huawei sudah menggunakan sensor rgbw, termasuk di smartphone P8-nya.

OPPO juga menampilkan file Teknologi yang ditingkatkan untuk kamera di belakang layardiumumkan awal bulan ini. Pabrikan sekarang mengatakan dapat membuat tampilan dengan kerapatan piksel 400ppi di tempat kamera berada. Hal ini serupa dengan klaim Xiaomi dan ZTE dengan kamera generasi terbaru di belakang layar depan. Karena kerapatan piksel yang lebih tinggi, tempat kamera berada menjadi kurang jelas, karena kerapatan pikselnya sama dengan bagian layar lainnya. OPPO memamerkan teknologi baru di acara fotografi futuristik.