BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Orang Amerika akan menghancurkan batu luar angkasa untuk menyelamatkan Bumi suatu hari nanti | Instagram

Luncurkan batu luar angkasa untuk mencegah kehancuran Bumi. Kedengarannya masih seperti naskah film, tetapi AS benar-benar akan mencobanya pada Senin-Selasa malam, dengan bantuan Eropa.

Ini adalah ujian pertama untuk melihat apakah itu berhasil, jika umat manusia harus diselamatkan dari kehancuran dan kehancuran, dan mencegah kita dari nasib yang sama seperti dinosaurus. Mereka mati hampir seluruhnya 66 juta tahun yang lalu setelah asteroid menabrak dekat Meksiko.

Misi Dart disebut: Uji Pengalihan Asteroid Ganda. Kendaraan itu diluncurkan November lalu. Setelah penerbangan singkat, saya tiba di dua batu yang mengorbit matahari bersebelahan. Salah satunya adalah Didymus, sebuah batu dengan diameter sekitar 780 meter, dan yang lainnya adalah bulannya Demorphos, yang berukuran lebih dari 160 meter. Mereka berada 11 juta kilometer dari Bumi. Ini sangat dekat, dan itu membuatnya mudah untuk dicapai. Selain itu, dapat dengan mudah dilihat dari Bumi menggunakan teleskop.

Sebuah anak panah, kira-kira seukuran mobil, harus mengenai Demorphos. Ini terjadi pada malam hari dari Senin sampai Selasa pukul 01.14 waktu Belanda. Setelah tumbukan, probe memiliki kecepatan sekitar 6 kilometer per detik. Tujuannya adalah untuk memukul Demorphos dalam orbit yang sedikit lebih pendek di sekitar Didymus melalui tabrakan.

Awal bulan ini, Dart meluncurkan satelit Italia, yang seharusnya melacak dampak langsung dari barisan depan. Teleskop Eropa juga mengawasi dari Bumi untuk melacak jalur Demorphos, dan pada 2024 satelit Eropa Hera harus pergi ke asteroid untuk melihat lebih dekat apa yang telah berubah.

Badan antariksa AS NASA menegaskan bahwa percobaan itu tidak menimbulkan bahaya bagi Bumi. Bagaimanapun, umat manusia aman dari bahaya ruang untuk saat ini. Miliaran asteroid dan komet berputar mengelilingi matahari. Puluhan ribu dari mereka suatu hari bisa menjadi ancaman bagi Bumi, tetapi mereka tidak akan mendekati kita setidaknya selama 100 tahun ke depan. Jika para ilmuwan tahu sebelumnya bahwa batu seperti itu sedang menuju ke arah kita, perubahan kecil saja mungkin cukup untuk mencegah bencana besar di kemudian hari.

READ  Edisi PlayStation Borderlands 3 masih akan mendukung cross-play - Game - Berita

Lihat video berita yang paling banyak dilihat di daftar putar di bawah ini: