BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Organisasi bantuan mengirimkan seri kedua filter air minum keramik ke Ukraina

Organisasi bantuan mengirimkan seri kedua filter air minum keramik ke Ukraina

Organisasi bantuan SaveUA mendistribusikan filter air Navaza pertama di Mykolaiv, Ukraina, pada bulan November setelah militer Rusia menyabotase pasokan air minum. (foto: via WUR)

Organisasi bantuan mendistribusikan 7.500 air minum yang disaring dari Nazava ke pedesaan Ukraina dekat Kherson bulan lalu. Filter tersebut dirakit di Belanda oleh pengungsi Ukraina. Setelah salju mencair dan petani Ukraina kembali ke rumah, Nazava akan terus memasok lebih banyak filter. Kampanye promosi didanai melalui kampanye crowdfunding.

Air minum menjadi langka di Ukraina karena perang. Tentara Rusia menghancurkan sebagian besar infrastruktur air. Kualitas air permukaan menjadi tidak dapat diandalkan, sebagian karena mayat di dalam air. Tidak ada air tanah yang bagus di dekat Kherson.

Itulah sebabnya empat mantan mahasiswa Universitas Wageningen meluncurkan kampanye untuk memasok filter air minum ke daerah-daerah yang dibebaskan di selatan dekat Kherson. Sementara itu, 7.500 dari 10.000 calon telah disampaikan. Nazava memasok filter keramik dengan harga tertentu. Aksi ini didanai oleh crowdfunding yang didirikan oleh Universitas Wageningen.

ember

Filter air Nazava telah dikembangkan khusus untuk digunakan di negara berkembang. Mereka murah dan dapat memurnikan air tanpa listrik. Air yang akan dimurnikan secara otomatis mengalir dari ember melalui elemen filter ke dalam ember di bawahnya. Filter terdiri dari dinding keramik yang mengandung lapisan ion perak dan karbon aktif untuk menghilangkan mineral dan bakteri. Filter tersebut dapat memurnikan 5.000 liter air dari sumur yang tercemar dan rata-rata keluarga dapat menggunakannya selama 3 hingga 5 tahun.

Institusi sosial

Nazava adalah perusahaan sosial yang didirikan oleh dua mantan mahasiswa di Universitas Wageningen. Perusahaan ini sekarang beroperasi di Indonesia, Ethiopia, Mozambik, dan Kenya. Kartrid filter diproduksi di Indonesia, dan untuk mengurangi biaya transportasi, suku cadang lain ditambahkan secara lokal. Bagi pengguna, pembelian satu kali filter selama beberapa tahun beberapa kali lebih murah daripada pembelian air kemasan yang berkelanjutan. Nazava bekerja sama dengan penyedia kredit mikro yang dapat membiayai calon perempuan terlebih dahulu.

Pedesaan Ukraina

Menurut Guido van Hoofwegen, salah satu pendiri dan direktur Nazafa, UNICEF menghubungi mereka tidak lama setelah perang dimulai. Organisasi memesan 10.000 kandidat, yang kami kirim ke perbatasan. Kemudian Yayasan De Leeuw van Kyiv mengetuk pintu dan juga ingin mendistribusikan 10.000 filter kami. Dari jumlah tersebut, 7.500 sekarang telah didistribusikan.”
Lion of Kyiv adalah organisasi bantuan yang didirikan oleh pasangan Belanda yang telah tinggal di Ukraina selama 30 tahun dan memiliki pertanian sendiri di sana. Sejak perang, Yayasan sangat aktif dalam mendistribusikan makanan dan pakaian dan baru-baru ini berfokus pada generator. Filter Nazava kini telah ditambahkan.

Van Hofwegen mengatakan masih ada 2.500 kandidat yang siap dikirim. “Pengiriman sekarang dihentikan karena es telah menyentuh tanah. Setelah mencair, kami akan terus bekerja.” Dia menjelaskan, pengiriman filter terutama difokuskan pada daerah pedesaan. Banyak orang sekarang tinggal di kota dan diharapkan untuk kembali pada musim semi. Rumah-rumah ini akan segera membutuhkan air minum bersih. “Kami mungkin bisa menyediakan 10.000 kandidat lagi,” katanya sambil mengajak semua orang untuk berdonasi melalui situs crowdfunding.

klik Di Sini Untuk situs web kolektif untuk air minum bersih bagi orang-orang di Ukraina

Melihat ke Di Sini Wawancara dengan Emmeke Vierhout dari Lion of Kyiv Foundation tentang bekerja dengan filter air

READ  Garuda Indonesia B737-800 Kelas Bisnis – Wisatawan Bisnis