BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Paduan suara wanita Harlem dapat didengar oleh Malle Babbe di “De Oost” | Mingguan Harlem

Harlem Paduan suara wanita Malle Babbe – dipimpin oleh Lenny Van Shayk dari Harlem – dapat didengarkan dengan “Indisch Onze Vader” dalam film baru karya sutradara Jim Taihuttu. Kisah “De Oost” terjadi selama Perang Kemerdekaan Indonesia.

Sejak tahun 1990-an, paduan suara wanita Malle Babbe telah tenggelam dalam musik yang dinyanyikan di kamp konsentrasi di Hindia Belanda selama Perang Dunia II. “Song of Survival”, yang membuat mereka heboh sejak saat itu, tetapi juga “Indisch Onze Vader” dan sejumlah lagu pengantar tidur Indonesia adalah bagian dari repertoar.

Kisah di balik “Apana India” adalah sebagai berikut. Seorang gadis muda India belajar menyanyi “Bapa Kami” di sekolah di Biara Suster Ursu-linen di Batavia. Saat dipenjarakan di sebuah kamp selama Perang Dunia II, dia akan menyanyikan doa ini setiap malam pukul enam. Rekan-rekan narapidana menyanyikan lagu ini untuk rekan-rekan mereka yang sakit yang kembali ke kamp konsentrasi mereka setelah diinterogasi oleh Kempetai (intelijen Jepang). Di bawah kondisi yang sulit dan tidak manusiawi ini, lagu ini membawa harapan dan penghiburan bagi banyak tahanan.

Anggota paduan suara Marie Dykstra telah mengatur polifonik khusus untuk paduan suara wanita Malle Babbe, yang telah dinyanyikan selama banyak upacara selama beberapa dekade terakhir, serta karya “Song of Survival” miliknya.

Pada awal 1990-an, maestro Lenny Van Shayk merekam lagu Survival bersama paduan suara miliknya. Musik klasik (piano, kuartet gesek, orkestra), dinyanyikan oleh suara wanita di kamp konsentrasi Jepang pada tahun 1940-45. Dua wanita yang sangat musikal di kamp membuat catatan dari memori komposisi Dvorak, Chopin, Tchaikovsky dan komposer lainnya. Para wanita secara ilegal membentuk paduan suara dan, karena poliglot para tahanan, bernyanyi tanpa kata-kata untuk musik yang sebenarnya ditujukan untuk orkestra. Maka lahirlah “orkestra akustik”. Rekan tahanan Helen Cullen menulis sebuah buku tentang ini (kekuatan lagu), dan musiknya juga masih terdengar seperti yang diatur pada saat itu.

READ  "Timur adalah tentang perang yang sudah lama tidak disebut perang."

Sutradara Hollywood Bruce Beresford menemukan Song of Survival melalui buku tersebut dan memutuskan untuk mengubahnya menjadi film menggunakan musik Malle Babbe. Pemimpin musik Van Shayk bekerja di Australia selama 3 bulan pada film yang ditetapkan sebagai sutradara musik untuk “Paradise Road”, yang dibintangi oleh Glenn Close dan Cate Blanchett dalam peran utama. Soundtrack film, yang diproduksi oleh Sony, masih dijual. CD berisi “Indisch Onze Vader” dan Lagu Daerah Indonesia juga dijual melalui vrouwenkoormallebabbe.nl.