BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pameran “Indonesia and the Amsterdam School” di Heat Ship Museum

Dari 1 Desember 2022 hingga 27 Agustus 2023, Museum Het Schip menyajikan pameran tentang hubungan Sekolah Amsterdam dengan Hindia Belanda yang kini menjadi Indonesia. Dengan bahan-bahan dari film, foto, gambar, cetakan, dan seni terapan, pameran ini memperlihatkan bagaimana gerakan arsitektur Belanda dipengaruhi oleh bentuk, warna, dan bahan bekas jajahan.

Bentuk, warna, dan material Indonesia memberikan kesan mendalam bagi pencipta Art Nouveau dan Sekolah Amsterdam. Mereka secara khusus mempelajari kompleks candi, arsitektur rakyat, dan kerajinan tangan dengan penuh minat dan penghargaan. Beberapa melakukan perjalanan ke Hindia Belanda, tetapi sebagian besar mendapat kesan di pameran dunia internasional. Misalnya pada tahun 1910 di Brussel, di mana ditampilkan kerajinan Indonesia seperti batik dan kepang.

di galeri Indonesia dan Sekolah Amsterdam Anda dapat melihat pengaruh Indonesia pada bangunan, patung, dan seni terapan Sekolah Amsterdam. Contoh bagusnya adalah atap rumah Minangkabau yang bergelombang dari Sumatera, salah satu pulau di Indonesia. Anda akan menemukan ini sebagai sajak visual di rumah Sekolah Amsterdam dari sekitar tahun 1920-an. Juga bentuk bahasa Indonesia lainnya, misalnya Gunungan dan legendaris NagaUlar naga, dimasukkan oleh para perancang Sekolah Amsterdam ke dalam furnitur, akta bangunan, dan benda seni.

Pameran ini tidak hanya memberikan sudut pandang orang Belanda. Di beberapa bagian film, pakar Indonesia di bidang seni dan arsitektur berbicara tentang pengaruh Indonesia di Sekolah Amsterdam.

READ  Eurovision selalu tentang perjuangan untuk persamaan hak