BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para ilmuwan menentukan asal mula medan magnet Matahari

Para ilmuwan menentukan asal mula medan magnet Matahari

Catatan Editor: Versi cerita ini muncul di buletin sains CNN, Wonder Theory. Untuk mendapatkannya di kotak masuk Anda, Daftar gratis di sini.



CNN

Saya cukup beruntung bisa menangkapnya Sekilas cahaya utara yang menakjubkan Dari rumah saya bulan ini ketika badai matahari terbesar yang mencapai Bumi dalam dua dekade menghasilkan aurora borealis Garis lintang lebih jauh ke selatan biasanya.

Meskipun tinggal di jalanan yang dipenuhi cahaya di pusat kota London, kamera ponsel cerdas saya menangkap kabut hijau dan lapisan cahaya ungu dan merah muda yang berdenyut. Mengabadikan momen ini merupakan pengalaman tak terlupakan yang menurut saya memerlukan perjalanan mahal ke ujung utara planet kita.

Badai yang menciptakan aurora menakjubkan seperti yang Anda lihat berasal dari medan magnet dinamis Matahari, sebuah misteri astrofisika yang semakin dekat untuk dipecahkan oleh para ilmuwan minggu ini.

NASA/Observatorium Dinamika Surya

Para ilmuwan Solar Dynamics Observatory NASA menggunakan model komputer untuk menghasilkan kerangka waktu empat hari dari perubahan medan magnet Matahari. Garis medan lebih terkonsentrasi di daerah yang lebih padat secara magnetis.

Mengetahui cara kerja medan magnet Matahari akan membantu para ilmuwan meningkatkan prediksi cuaca luar angkasa, yang membuat para pengamat langit malam terpesona namun dapat mengganggu GPS dan satelit komunikasi.

Garis medan magnet toroidal Matahari, yang membentuk jaringan kusut struktur yang lebih kompleks dibandingkan yang ada di Bumi, sulit dipelajari. Untuk memahami apa yang terjadi, para ilmuwan membuat model matematika.

Sebuah model baru, yang pengembangannya memakan waktu lebih dari satu dekade dan memerlukan superkomputer NASA untuk melakukan perhitungan terperinci, telah menemukan bahwa medan magnet Matahari dihasilkan lebih dekat ke permukaan daripada yang diperkirakan sebelumnya.

READ  Gerakan mata mungkin merupakan mata rantai yang hilang dalam pemahaman kita tentang memori

Tim yakin modelnya lebih akurat karena… Ini mewakili fitur matahari yang unik.

Sebuah anting-anting emas yang ditemukan di reruntuhan bangunan berusia 2.000 tahun di Pyrenees adalah petunjuk bagaimana kebakaran dahsyat itu dimulai. Api membakar bangunan kayu, yang terletak di pemukiman Zaman Besi bernama Tossal di Baltarga, dan membunuh enam hewan yang dikurung di kandang.

Para arkeolog yakin kebakaran itu disengaja. Jika hal ini tidak disengaja, kemungkinan besar pemilik bangunan akan melepaskan ternaknya dan kembali setelah api padam untuk mengambil emas tersembunyi mereka, yang disembunyikan di dalam toples.

Para pelaku pembakaran mungkin adalah tentara penyerang di bawah komando Hannibal, jenderal Kartago yang memimpin pasukan melawan Republik Romawi, menurut studi baru.

Namun nasib orang-orang yang menggunakan bangunan tersebut tidak diketahui Penggalian mengungkapkan rincian yang menceritakan tentang kehidupan Dari orang Iberia bernama Ceretani.

Andre Pattenden/Warisan Inggris

Bulan tampak di atas bebatuan megalitik penyusun Stonehenge yang terletak di Dataran Salisbury di Wiltshire, Inggris.

Para pembangun Stonehenge menempatkan batu-batu besar yang membentuk monumen prasejarah sejajar dengan matahari terbit dan terbenam pada hari-hari terpanjang dan terpendek dalam setahun, mengungkap pemahaman mendalam tentang matahari yang masih terlihat hingga saat ini.

Namun apakah situs berusia 4.500 tahun di barat daya Inggris – dan kemungkinan monumen megalitik lainnya di seluruh dunia – juga sejajar dengan bulan?

Gagasan bahwa Stonehenge memiliki hubungan dengan bulan pertama kali mendapatkan popularitas pada tahun 1960an. Namun, konsep ini belum dieksplorasi secara sistematis.

musim panas ini, Para arkeolog menggunakan inersia bulanIni adalah fenomena yang tidak diketahui yang terjadi setiap 18,6 tahun. Hal ini patut diselidiki.

READ  Gunung es besar melepaskan lebih dari 150 miliar ton air tawar ke laut saat menggores Georgia Selatan

Para astronom telah mengamati tepi lubang hitam – area yang dikenal sebagai “zona tenggelam” – untuk pertama kalinya.

Andrew Mummery, penulis utama studi baru tentang lubang hitam Salah satu rekan peneliti di Universitas Oxford membandingkannya dengan “tepi air terjun” di ujung sungai, tempat material yang mengorbit bintang di dekatnya jatuh ke dalam jurang.

Di wilayah yang tenggelam, materi tidak dapat lagi berada di orbitnya, dan malah bergegas menuju lubang hitam. Namun tidak seperti horizon peristiwa atau permukaan lubang hitam, cahaya masih bisa lepas pada titik ini.

Hasil, Inilah yang diprediksi oleh Albert EinsteinIni bisa membantu para astronom lebih memahami pembentukan dan evolusi lubang hitam.

Philip Clement/Artera/Koleksi Gambar Universal/Getty Images

Burung jay Eurasia mungkin mempunyai ingatan mirip manusia, menurut penelitian baru.

Corvids—kelompok burung yang mencakup burung gagak, gagak, dan jay—dikenal karena kecerdasannya. Suatu spesies corvid mungkin dapat melakukan sesuatu yang oleh para peneliti disebut sebagai “perjalanan waktu secara mental”.

Jenis mengingat ini memungkinkan pikiran untuk mengingat sepotong informasi yang tampaknya tidak penting yang belum Anda ingat secara sadar – misalnya, mengingat apa yang Anda makan siang kemarin.

Para peneliti yang bekerja dengan burung jay Eurasia yang dilatih untuk menemukan makanan yang disembunyikan di bawah cangkir mengatakan burung-burung ini mungkin dapat melakukan fungsi memori.

Dalam percobaan, yang mencakup cangkir yang dihias, itu adalah burung jay Kemampuan mengingat bentuk cangkir tertentuBahkan setelah menata ulang cangkir dan waktu tunda.

Dalam berita Corvid lainnya, Gagak bisa menghitung sampai empatpenelitian terbaru menemukan.

Benamkan diri Anda dalam kisah-kisah yang memperluas pikiran ini.

-Thomas Midgley Jr. adalah seorang penemu Amerika berbakat yang meninggalkan jejak abadi dalam sejarah. Namun, miliknya Solusi yang cerdik menciptakan masalah yang lebih besar.

READ  Cari pasien cacar monyet yang melarikan diri dari fasilitas isolasi

– Mikroplastik Itu ditemukan di testis manusiaHal ini menegaskan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami peran bahan plastik dalam menyebabkan infertilitas.

— Seorang pembuat anggur Austria telah menemukan ratusan tulang mamut di ruang bawah tanahnya, sebuah penemuan menurut seorang ahli Ini disebut “Perasaan Arkeologi”.

Jangan pergi dulu: NASA telah mengumumkan perkembangan terbaru yang sangat tertunda Misi berawak Boeing Starliner.

Suka dengan apa yang saya baca? Oh, tapi masih ada lagi. Daftar disini Untuk menerima edisi Wonder Theory berikutnya di kotak masuk Anda, yang dipersembahkan oleh penulis CNN Space and Science Ashley Strickland Dan Katie Berburu. Mereka menemukan keajaiban planet-planet di luar tata surya kita dan penemuan-penemuan dari dunia kuno.