BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para menteri luar negeri AS dan China bertemu di KTT G20 minggu ini

Para menteri luar negeri AS dan China bertemu di KTT G20 minggu ini

Blinken akan berangkat ke Asia pada hari Rabu untuk perjalanan yang akan berlangsung hingga Senin. Pertemuan dengan Wang, diharapkan pada hari Sabtu, akan menjadi kontak tingkat tinggi terakhir antara pejabat AS dan China karena Presiden Joe Biden mempertimbangkan untuk menaikkan tarif beberapa barang China untuk mengekang inflasi.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen berbicara dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He pada hari Senin. Penasihat Keamanan Nasional AS Jack Sullivan bertemu dengan diplomat top China Yang Jiechi di Luksemburg bulan lalu.

Terlepas dari meningkatnya persaingan strategis antara Washington dan Beijing, Biden telah mempertimbangkan pemotongan tarif pada berbagai barang China untuk mengekang kenaikan inflasi di AS menjelang pemilihan paruh waktu November untuk merebut kendali Kongres.

Gedung Putih mengatakan tidak ada batas waktu untuk keputusan itu, tetapi Biden dan Presiden China Xi Jinping diperkirakan akan berbicara dalam beberapa minggu mendatang.

Para menteri luar negeri dari 20 negara ekonomi utama (G20) akan bertemu pada hari Jumat di pulau Bali, Indonesia, juga di Indonesia menjelang KTT para pemimpin G20 pada bulan November.

Blinken juga akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, dan juga akan singgah di Bangkok untuk bertemu dengan Perdana Menteri Prayuth Chan-o-cha dan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Dan Pramutvinai, kata kementerian luar negeri.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga akan menghadiri konferensi tingkat menteri di Bali, tetapi pertemuan antara dia dan Blinken tidak diharapkan. Keduanya belum pernah bertemu sebelum invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, yang dikutuk oleh Washington dan sekutunya.

Tepat sebelum invasi Rusia, China dan Rusia mendeklarasikan kemitraan “tak terbatas”, yang dikutuk oleh Washington. Tetapi para pejabat AS mengatakan mereka tidak melihat China melanggar sanksi atau memasok Rusia dengan peralatan militer.

READ  Theater on de Parade menawarkan program baru

China, yang menolak untuk mengutuk tindakan Rusia di Ukraina, dengan tajam mengkritik sanksi Barat terhadap Moskow.

Analis memperkirakan pertemuan G20 yang kontroversial di mana AS dan sekutunya diperkirakan akan menyalahkan Moskow atas kekurangan pangan global sejak Rusia menginvasi Ukraina, pengekspor biji-bijian utama.

“Blinken akan memperkuat komitmen kami untuk bekerja dengan mitra internasional untuk mengatasi tantangan global, termasuk kerawanan pangan dan energi dan perang berkelanjutan Rusia melawan Ukraina yang mengancam tatanan internasional,” kata Departemen Luar Negeri.