BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Pemerintah Indonesia Perhitungkan Bangkrutnya Garuda”

Pemerintah Indonesia disebut-sebut berencana untuk menangani kemungkinan kebangkrutan Garuda Indonesia, beberapa media Indonesia dan internasional telah melaporkan berdasarkan pernyataan politisi Indonesia.

kerugian

Garuda Indonesia memang sempat bergelut dengan kerugian kecil sebelum wabah Corona, namun meningkat tajam dalam setahun terakhir. Sementara maskapai Eropa dan Amerika Utara masih dapat mempertahankan porsi yang wajar dari jaringan mereka, ini tidak mungkin bagi Garuda. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh pembatasan perjalanan yang ketat di Indonesia dan negara-negara sekitarnya.

Restrukturisasi

Beberapa bulan lalu, perusahaan sudah mengumumkan akan mengurangi armadanya. Lebih dari separuh pesawat akan meninggalkan armada Garuda Indonesia. Pesawat Boeing 777-300ER yang digunakan dalam perjalanan ke Schiphol, antara lain, juga akan menghilang dari armada. Garuda Indonesia “baru” akan terbang terutama dengan pesawat A330 dan Boeing 737, dan harus fokus terutama pada tujuan regional. Anak usaha Citilink berbiaya rendah itu juga akan menyusut.

Pemerintah

Sekarang utang Garuda Indonesia melonjak, pemerintah Indonesia, pemegang saham terbesar perusahaan, sedang mencari kemungkinan. Media Indonesia melaporkan bahwa pembicaraan sedang berlangsung antara pemerintah dan berbagai kreditur. Jika ternyata Garuda Indonesia tidak dapat mengelola tanpa dukungan pemerintah yang signifikan, itu akan menjadi opsi untuk membiarkan perusahaan tersebut bangkrut.

penerus

Berbagai media menunjukkan bahwa jika terjadi kebangkrutan, maskapai kecil, seperti Pelita Air Service, harus menggantikan Garuda. Perusahaan charter kecil kemudian dapat memperoleh porsi yang signifikan dari armada Garuda Indonesia dan memelihara jaringan regional. Meskipun rencana ini telah disebutkan oleh berbagai media, itu masih spekulasi. Selain itu, pengumuman “rencana” tersebut memastikan bahwa pemerintah Indonesia akan memiliki posisi yang lebih kuat terhadap kreditur Garuda Indonesia.

READ  Prosus berinvestasi di broker Belanda BUX