BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Pemimpin Boko Haram meledakkan dirinya saat dikejar” | di luar negeri

Shekau meledakkan dirinya pada pertengahan Mei ketika gerilyawan dari kelompok Negara Islam mengejarnya di Afrika Barat, menurut seseorang dalam rekaman yang mengaku sebagai Abu Musab al-Barnawi, pemimpin kelompok teroris itu. Dua orang yang mengenal Al-Barnawi mengkonfirmasi kepada kantor berita Reuters bahwa itu adalah dia. Negara Islam di Afrika Barat sebelumnya adalah bagian dari Boko Haram.

Bulan lalu, Wall Street Journal melaporkan kematian Shekau berdasarkan, antara lain, komunitas intelijen, setelah terungkap awal pekan itu bahwa dia terluka parah dalam upaya bunuh diri. Ada bacaan serupa di surat kabar tentang bagaimana Shekau meninggal.

anak sekolah

Shekau yang berusia 48 tahun telah memimpin Boko Haram sejak 2009. Gerakan ekstremis Islam itu terkenal karena, antara lain, penculikan hampir tiga ratus anak sekolah. Shekau digambarkan sebagai salah satu teroris paling brutal dan efektif di dunia, yang memicu perang agama di Nigeria dan tiga negara tetangga. Kematiannya telah salah diumumkan oleh pemerintah Nigeria berkali-kali sebelumnya.

Boko Haram juga dituduh menggunakan anak-anak dalam bom bunuh diri. Kelompok ini dituduh bertanggung jawab atas sejumlah serangan dan puluhan ribu kematian di Nigeria, Niger, Kamerun dan Chad. Antara dua dan tiga juta orang mengungsi.

READ  Dokter Rusia-nya berkata: "Navalny bisa mati kapan saja"