BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemindaian jantung untuk Apple Watch mendapat tes langsung di Belanda: ‘mencegah stroke’

Orang yang berusia di atas 65 tahun berisiko lebih tinggi mengalami fibrilasi atrium, atau fibrilasi atrium. Ini adalah gangguan irama jantung yang pada awalnya tidak diketahui, tetapi merupakan salah satu penyebab utama stroke jika tidak ditangani. Ini dapat dicegah melalui diagnosis dini dan pengobatan, tetapi diagnosis seperti itu harus dibuat. Untuk mempermudah pasien dan dokter, Cardiologie Centra Nederland kini menggunakan Apple Watch.

Sejak model pertama dari tahun 2015, Apple Watch telah menyertakan monitor detak jantung yang melacak detak jantung pengguna sepanjang hari. Sejak 2018 termasuk yang baru Jam Tangan Apple Juga pemindai EKG, pengguna dapat dengan mudah membuat film jantung sendiri. Pada tahun 2019, Departemen Kedokteran Universitas Stanford dalam sebuah penelitian yang bekerja sama dengan Apple menyimpulkan bahwa fungsi EKG memang berhasil mendeteksi fibrilasi atrium. Ini terjadi secara otomatis, selama jam tangan dipakai. Jika sinyal menyimpang, Apple Watch menanyakan apakah pengguna ingin melakukan video cardio dalam 30 detik.

Deteksi dini aritmia?

Cardiologie Centra Nederland (CCN) sekarang akan menguji fungsi ini dalam praktik untuk pertama kalinya, di antara kelompok sasaran yang sudah berisiko tinggi mengalami fibrilasi atrium. Ini dilakukan bekerja sama dengan Amsterdam UMC dan Bob Vlake Foundation. Jam Tangan Apple tersedia untuk dipinjamkan dari apel. “Apple Watch akan ditambahkan ke platform HartWacht kami, yang telah ada sejak 2016,” kata ahli jantung Arnot Sumssen, salah satu pendiri CCN.

Melalui HartWacht, ahli jantung dapat melihat semua jenis data jantung dari pasien yang duduk di rumah. Mereka kemudian dapat melakukan intervensi pada tahap awal, yang mengarah ke rawat inap dan transportasi ambulans, misalnya. “Jadi kami sampai pada pertanyaan: Bisakah kami mendeteksi orang yang berisiko tinggi mengalami fibrilasi atrium pada tahap awal untuk mencegah mereka mengembangkan komplikasi? Dan menurut kami Apple Watch adalah perangkat yang bagus untuk itu.”

READ  Diablo II: Pembaruan remaster patch 20 tahun bug - Game - Berita

Persyaratan medis dan privasi

Menurut Somsen, Apple Watch lebih disukai jika jam tangan tersebut memiliki semua jenis persetujuan medis. Selain itu, perangkat ini jauh lebih kecil, lebih murah, dan lebih mudah digunakan daripada peralatan medis pada umumnya. Kemampuan untuk berbagi data jantung terenkripsi dengan dokter juga merupakan persyaratan, termasuk di bawah undang-undang privasi Eropa. “Apple harus memberikan segalanya kepada Komite Etika Medis UMC Amsterdam untuk membuktikan bahwa data tersebut tidak berakhir dengan pihak ketiga.”

Sangat mungkin CCN pada akhirnya akan menggunakan jam tangan pintar lain dan monitor detak jantung kecil. “Tetapi setiap perangkat baru pertama-tama memerlukan jenis studi yang akan kami lakukan sekarang,” kata Sumssen. Penelitian ini dipimpin oleh dokter penelitian Nicole Van Stein. “Berdasarkan data sebelumnya, kami menghitung bahwa kami membutuhkan 306 peserta untuk menunjukkan perbedaan yang signifikan,” kata Van Steijn.

“Ini adalah orang-orang yang sudah berisiko tinggi, misalnya, dengan tekanan darah tinggi atau diabetes selain usia. Separuh dari orang-orang ini menerima Apple Watch, dan separuh lainnya tidak: mereka menerima perawatan jantung secara teratur,” jelasnya. dokter penelitian. “Kami terutama ingin menemukan orang yang tidak memiliki keluhan.”

Lebih sedikit kerumitan dan biaya lebih rendah

Studi menggunakan Apple Watch akan selesai pada bulan Desember, tetapi Somsen dan Van Steijn sudah mengharapkan hasil yang positif. “Di ruang konsultasi, saya sering melihat orang-orang dengan Apple Watch dan mereka berkata, ‘Bisakah Anda melihat EKG saya?'” Lalu saya berkata: “Ini adalah aritmia.”

Menurut ahli jantung, sangat mungkin bahwa lebih banyak orang dalam kelompok risiko pada akhirnya akan dilengkapi dengan Apple Watch. Atau mereka sendiri sudah memilikinya, tetapi mereka mengaitkannya dengan HartWacht, kata Sumssen. Menurut dokter, ada baiknya jenis jam tangan pintar ini mudah digunakan dan menarik. Dokter tertawa: “Terkadang kita meremehkan keterampilan teknis orang tua.”

READ  Ketika Anda Tidak Harus Menimbang Sesuatu - Kesimpulan - Ulasan

Pada akhirnya, penggunaan jam tangan pintar dengan aritmia dapat menghemat banyak biaya perawatan kesehatan dan mengurangi tekanan pada perawatan kesehatan. “Analisis sebelumnya dengan HartWacht telah menunjukkan bahwa mereka menawarkan perjalanan ambulans, rawat inap, tetapi juga konsultasi. Jadi, ini sangat murah untuk semua orang,” kata Sumsen.

Flores Porte, Editor Terang