BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penanam sayuran rumah kaca ‘tidak ada alasan untuk terlalu khawatir’ setelah penemuan baru nematoda simpul akar

Penanam sayuran rumah kaca ‘tidak ada alasan untuk terlalu khawatir’ setelah penemuan baru nematoda simpul akar

Sekali lagi nematoda simpul akar tropis Meloidogyne enterolobii ditemukan di rumah kaca Belanda. Otoritas Produk Konsumen dan Keamanan Pangan Belanda (NVWA) melaporkan bahwa mereka melakukan intervensi bulan lalu dan sekelompok Ficus microcarpa dihancurkan di peternakan.

Ini adalah keempat kalinya tahun ini NVWA harus memberlakukan tindakan. di awal tahun ini Tiga rumah kaca Dari perusahaan lain saya juga menemukan Meloidogyne enterolobii di Ficus microcarpa.

Menurut NVWA, jika penanam sayuran rumah kaca menyadari risikonya dan menghindari pertukaran tanah dan mesin yang berisiko tinggi, maka dengan pengetahuan saat ini tidak ada alasan untuk menjadi perhatian serius.

o status
Meloidogyne enterolobii berstatus karantina di Uni Eropa (UE) sejak 11 April 2022. Negara-negara anggota wajib mengambil langkah-langkah untuk memberantas nematoda ini dan mencegah penyebarannya. Nematoda dapat menyebabkan kerusakan serius pada banyak tanaman, termasuk tanaman ekonomi penting di Uni Eropa seperti tomat, paprika, ketimun, dan kentang.

NVWA telah memperingatkan sektor florikultur selama beberapa waktu tentang bahaya nematoda ini. Sangat penting bagi pengusaha untuk bertanggung jawab dan mengambil tindakan untuk mencegah pencemaran dan penyebarannya, menurut otoritas.

tindakan wajib
Pada pertemuan informasi untuk penanam Ficus microcarpa, NVWA baru-baru ini kembali merujuk pada tanggung jawab sektor tersebut dan menjelaskan langkah-langkah yang diberlakukan setelah deteksi Meloidogyne enterolobii. Nematoda pada tanaman tidak dapat dikendalikan selama budidaya.

Dengan demikian, perusahaan yang memiliki nematoda wajib mengambil tindakan. Semua bagian yang berisiko, seperti akar, dari kumpulan yang terinfeksi dan semua kumpulan tanaman lain dalam sistem penyiraman yang sama harus dibuang dan dimusnahkan. Selanjutnya, sistem budidaya dan sistem irigasi harus dibersihkan dan didesinfeksi. Dengan tanaman seperti Ficus microcarpa, ini berarti seluruh tanaman harus dimusnahkan. Ini adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk menghilangkan ulat benang, menurut NVWA.

READ  Konsultan pertanian mengunjungi wisatawan kebun ke Jepang

Langkah-langkah untuk semua tanaman berakar
Prosedur ini tidak hanya wajib jika nematoda ditemukan di Ficus microcarpa. Meloidogyne enterolobii memiliki banyak tanaman inang dan tanaman inang baru dilaporkan secara teratur. Dengan demikian, persyaratan UE untuk negara ketiga berlaku untuk semua tanaman yang berakar. Inilah mengapa prosedur yang sama diterapkan pada semua tanaman berakar pada setiap penemuan.

impor
Mulai 11 Januari, persyaratan yang lebih ketat berlaku untuk semua tanaman berakar saat diimpor. Untuk membatasi masuknya nematoda baru, pemeriksaan impor diperluas. Inspeksi impor dan inspeksi impor berkelanjutan (import plant control) telah diperluas dengan 14 tanaman berisiko tinggi dan 5 negara ketiga.

Selain Ficus dan Philodendron dari Cina dan Kosta Rika, tanaman berikut ini sekarang tunduk pada pemeriksaan tambahan: Amaranthus, Caladium, Callistemon, Chlorophytum, Colocasia, Fraxinus, Gardenia, Hibiscus, Ligustrum, Portulacaria, Sageretia, Synchonium, Xanthosoma, dan Zelkosoma . Bersumber dari negara-negara berikut: Indonesia, Sri Lanka, Suriname, Thailand dan Amerika Serikat.

pengintaian
Selain itu, NVWA bekerja sama dengan Naktuinbouw akan memulai survei minggu ini untuk memetakan keberadaan Meloidogyne enterolobii di pertanian Belanda. Inspeksi ini terutama ditujukan untuk perusahaan yang menanam Ficus microcarpa. Di perkebunan ini, fokus survei akan tertuju pada Ficus microcarpa dan tanaman lain yang disebutkan di atas, tetapi tanaman lain juga akan disaring untuk Meloidogyne enterolobii. Prosedur akan mengikuti jika penemuan ditemukan.

Prosedur kontrol sementara paspor
Naktuinbouw mengambil tindakan pengendalian sementara saat mengawasi penerbitan paspor pabrik. Pengawasan sementara akan diintensifkan. Selain itu, perusahaan diinformasikan dan diinstruksikan tentang hal-hal seperti mengidentifikasi nematoda dan bagaimana mereka dapat meningkatkan inspeksi perusahaan mereka.

Pengusaha yang bertanggung jawab
NVWA menegaskan sekali lagi bahwa penting bagi pengusaha itu sendiri untuk bertanggung jawab juga. Membutuhkan perlindungan yang baik dari pemasok bahan tanaman dan memisahkan tanaman secara fisik dari pihak lain selama setidaknya 10 minggu setelah impor adalah saran NVWA.

READ  Laporan Bisnis Pinjaman Alternatif Indonesia 2023-2027:

Kemudian hati-hati memeriksa akarnya. Manajemen dan pelabelan pabrik yang terperinci memastikan bahwa pihak yang berbeda dapat dibedakan dengan jelas satu sama lain.

sedang membaca Di Sini Apa yang dapat dilakukan pebisnis sendiri untuk mencegah infeksi dan bagaimana mereka dapat mencegah kemungkinan infeksi dengan Meloidogyne enterolobii mengenali. Protokol kebersihan tersedia di Glastuinbouw Nederland dan Royal FloraHolland.

Kewajiban untuk melaporkan jika dicurigai ada Meloidogyne enterolobii
Penting untuk segera melaporkan hal ini ke NVWA jika Anda mencurigai adanya infeksi Meloidogyne enterolobii. Pelaporan yang cepat dapat membatasi dampak tindakan tersebut, karena infeksi belum dapat atau hampir tidak menyebar.

Sumber: NVWA