BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penghargaan kontroversial: mantan perdana menteri Inggris yang ‘sulit dipahami’ Tony Blair menjadi Sir Tony

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair akan segera dapat menyebut dirinya Sir Tony.foto AFP

Merupakan kebiasaan bagi perdana menteri Inggris untuk diberi gelar setelah mereka mengundurkan diri. Misalnya, Margaret Thatcher diberi tempat di House of Lords sebagai Lady Thatcher, dan John Major diizinkan menyebut dirinya Sir John selama bertahun-tahun. Biasanya ada periode waktu di antaranya. Empat belas tahun telah berlalu sejak Blair dipaksa keluar dari 10 Downing Street setelah sepuluh tahun. Dia melakukannya di bawah tekanan besar dari saingan dan penggantinya Gordon Brown.

Blair, yang menjabat pada 1997, menikmati popularitas besar di dalam dan luar negeri selama paruh pertama masa jabatan perdananya, tetapi itu berubah pada 2003 ketika ia menemani George W. Bush Jr. dalam petualangannya di Irak. Keputusan ini dikenang sampai hari ini dan membuat pengembalian politik menjadi tidak mungkin. Sayap kiri Partai Buruh menganggapnya pengkhianat dan bahkan penjahat perang.

babi yang dilumuri minyak

Blair telah berbicara menentang Brexit dalam beberapa tahun terakhir, membuat keputusan Boris Johnson untuk memberikan kehormatan besar kepada pendahulunya bahkan lebih mengesankan. Sebagai seorang jurnalis, Johnson secara teratur mengolok-olok pemimpin Partai Buruh. “Blair adalah kombinasi dari Harry Houdini dan babi yang dilumuri minyak. Dribelnya sangat manusiawi. Menyematkan Blair seperti mencoba menggantung jelly di dinding.”

Namun, selama perang melawan virus Corona, terjadi kontak yang baik antara Blair dengan beberapa menteri. Pemimpin oposisi Keir Starmer segera memberi selamat kepada rekan partai dan pendahulunya, yang tidak akan melakukannya dengan baik dengan Jeremy Corbyn dan orang-orang terdekatnya. Bagi Boris Johnson itu adalah langkah yang berani karena semakin banyak anggota Partai Konservatif yang bermasalah dengan kursus “Sosial Demokrat”-nya.

Daftar calon ‘ksatria’ juga termasuk Chris Whitty dan Jonathan Van Tam, penasihat kunci Corona di pemerintahan. Aktris Joanna Lumley mendapat julukan “damehood”, versi perempuan dari ksatrianya. Penghargaan tertinggi juga diberikan kepada Valerie Amos, yang menjadi wanita kulit hitam pertama dalam sejarah. Politisi Partai Buruh ini telah mendapatkan gelar Baroness, yang memberinya akses ke House of Lords.

Rempah-rempah yang Menakutkan

Melanie Brown, Scary Spice of the Spice Girls, akan naik ke peringkat paling terkenal di Kerajaan Inggris untuk pekerjaan amalnya. Bintang tenis Emma Radocano mendapat pengakuan yang sama, yang merupakan bonus atas kemenangannya yang tak terduga di AS Terbuka.

Kehormatan diberikan dan diberikan oleh Ratu, tetapi nominasi nama ada di tangan komite pemerintah. Dari keluarga kerajaan sendiri, lamaran harus datang untuk mengangkat Camilla, istri Putra Mahkota Charles, menjadi Lady of the Order of the Garter. Ini menunjukkan bahwa ada rencana untuk menjadikannya ratu setelah kematian Elizabeth.

READ  Perlombaan senjata baru: apa itu rudal hipersonik?