BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Paus dalam misa Tahun Baru: “Siapa pun yang menyakiti seorang wanita berarti menghina Tuhan” | luar negeri

VideoPaus Fransiskus menggambarkan kekerasan terhadap perempuan sebagai penghinaan terhadap Tuhan selama misa di Basilika Santo Petrus di Kota Vatikan. Pada hari pertama tahun baru, Gereja Katolik Roma secara tradisional merayakan Hari Perdamaian Internasional, tetapi 1 Januari juga didedikasikan untuk “Santo Maria, Bunda Allah”.


David van der Heyden


Terakhir diperbarui:
16:54




Pada Malam Tahun Baru, tampaknya sejenak Fransiskus akan sakit, atau mengalami masalah pada kaki, karena bapa gereja yang sudah lanjut usia itu masuk melalui pintu samping dan tidak memimpin misa, tetapi tetap di sela-sela. Hari ini dia berjalan menyusuri lorong St. Peter menuju altar untuk mengucapkan pesan Tahun Barunya.

Paus mengatakan bahwa ibu melahirkan dan wanita menyatukan dunia. “Mari berbuat lebih banyak untuk mendukung ibu dan melindungi perempuan,” kata Francis, 85, dengan penuh harapan. “Menyakiti seorang wanita berarti menghina Tuhan,” kata katedral dengan cemoohan.

Paus Fransiskus berjalan di bawah otoritasnya ke altar Santo Petrus, dan jelas tidak ada tanda-tanda penyakit. © AP

Memadai!

Dalam pidato Tahun Barunya, Paus Fransiskus mencatat bahwa Tuhan telah menarik takdir umat manusia melalui wanita. “Tidak secara langsung, tidak melalui malaikat, tetapi melalui seorang wanita,” katanya, merujuk pada Maria, ibu Kristus. “Ada banyak kekerasan terhadap perempuan! Cukup!”

Ini bukan pertama kalinya Fransiskus angkat bicara soal peningkatan kekerasan dalam rumah tangga selama pandemi Corona. Bulan lalu, Paus mengatakan kepada seorang wanita yang dipukuli oleh mantan suaminya di sebuah acara TV Italia bahwa penggunaan kekerasan oleh pria terhadap seorang wanita adalah “hampir seperti setan”.

Paus juga menjalin hubungan dengan wanita dalam hal perdamaian. “Ibu-ibu tahu bagaimana mengatasi hambatan dan perselisihan dan membawa perdamaian,” katanya. “Mereka mengubah masalah menjadi peluang untuk kelahiran kembali dan pertumbuhan. Mereka tahu bagaimana mengikat berbagai benang kehidupan bersama dan menenunnya menjadi benang sosial, bukan kawat berduri perselisihan dan perpecahan.”

Hari ini Paus tidak memakai topeng selama Misa.

Hari ini Paus tidak memakai topeng selama Misa. © Badan Perlindungan Lingkungan

Teks berlanjut di bawah gambar…

pesan perdamaian

Awal bulan ini, Paus mengirim Pesan Perdamaian tahunannya kepada para pemimpin pemerintah dan lembaga internasional dalam konteks perdamaian dunia. Dalam ensiklik, Fransiskus mengutuk fakta bahwa pertumbuhan pengeluaran militer terjadi dengan mengorbankan pelayanan sosial. Dia lebih suka melihat uang untuk senjata dihabiskan untuk investasi di bidang pendidikan.

Meski wanita itu berpesan damai dan ramah, dia tidak terlalu sibuk selama misa, diduga karena tindakan corona. Italia menemukan 144.243 kasus baru corona pada malam tahun baru. Meskipun paus divaksinasi terhadap virus corona, uskup mengenakan topeng pada hari Jumat. Sesuatu yang selalu dia tolak untuk dilakukan di upacara-upacara publik sampai kemarin. Hari ini dia tidak memilikinya.

Tonton video berita yang sedang tren di daftar putar di bawah ini:

Paus menerima kitab suci pada awal misa Hari Tahun Baru.

Paus menerima kitab suci pada awal misa Hari Tahun Baru. © AP

Fransiskus berkata bahwa Tuhan menetapkan takdir seorang pria melalui seorang wanita, Maria, dan bukan melalui seorang malaikat atau secara langsung.

Fransiskus berkata bahwa Tuhan menetapkan takdir seorang pria melalui seorang wanita, Maria, dan bukan melalui seorang malaikat atau secara langsung. © Badan Perlindungan Lingkungan

READ  Letusan gunung berapi La Palma mengancam emas kuning: 'Perkebunan pisang kami ditelan'