BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penting untuk fokus melindungi perempuan di industri kelapa sawit

Acara berskala besar di Indonesia tentang peran perempuan

Sebuah acara diselenggarakan pada Selasa, 22 Maret, bekerja sama dengan organisasi pengusaha Indonesia GAPKI. Dia Peristiwa Koran Indonesia ‘Harian Kompas’ adalah salah satu surat kabar terbesar di Indonesia.

Dalam pertemuan online skala besar tersebut, peran perempuan dalam industri kelapa sawit Indonesia saat ini dibahas. Masih banyak lagi kesalahan cara perempuan dilindungi selama bekerja.

Ellis van Ark, direktur CNV International, berbicara tentang masalah dalam memastikan keselamatan perempuan di industri minyak sawit di seluruh dunia.

Dengan bekerja sama dengan mitra seperti GAPKI, CNV International berkomitmen untuk meningkatkan kondisi kerja pekerja perempuan di industri kelapa sawit.

Mayoritas wanita
Industri kelapa sawit Indonesia dalam jumlah

Kelapa sawit merupakan salah satu ekspor penting Indonesia. Perkembangan industri di Palmyra bergerak cepat dan sangat berarti bagi pekerjaan di wilayah tersebut.

  • 43,5 juta ton: Produksi minyak sawit tahunan
  • 3,61%: Pertumbuhan tahunan sektor ini
  • 20 juta: Mereka yang bekerja di lapangan
  • 60% karyawan: Wanita

Perempuan melakukan pekerjaan di kebun sendiri, tetapi dipekerjakan pada tahap selanjutnya dari proses pengolahan minyak sawit, termasuk posisi manajemen. Masih penting untuk fokus pada peran perempuan dalam industri kelapa sawit, Ellis von Ark menekankan:

Masalah yang kita lihat di mana-mana adalah pekerja perempuan tidak selalu diberikan perlindungan yang memadai. Kami juga melihat kekerasan berbasis gender sebagai masalah dalam rantai pasokan.

Ada masalah lain dengan kontrak: jika perempuan sudah memiliki kontrak, biasanya tidak terlindungi dengan baik. Wanita sering tidak memiliki kontrak permanen: mereka biasanya bekerja selama musim. Akibatnya mereka tidak mendapatkan cuti melahirkan. Ini adalah masalah yang sedang berlangsung.”

READ  Jerman akan menunjuk Belanda sebagai daerah berisiko tinggi mulai Minggu untuk sejumlah penyakit bawaan virus corona. Ini adalah langkah tambahan jika Anda ingin melintasi perbatasan

Pembicara utama pada acara tersebut adalah wartawan KOMPAS Sonia Helen

Dunia di mana wanita menang di taman Palmyra

Penelitian sebelumnya yang dilakukan bekerja sama dengan GAPKI dan HUKATAN menunjukkan bahwa semakin banyak perempuan yang menjadi korban upah rendah, jaminan sosial rendah, dan asuransi kesehatan yang dirancang dengan buruk. Ini adalah masalah mendasar dengan solusi yang relatif sederhana. Penting bahwa pihak yang bertanggung jawab seperti pemerintah, serikat pekerja dan organisasi di sektor swasta memberikan masukan langsung mereka. Isu lain yang masih harus dilihat dan ditangani: Ketidakamanan di tempat kerja bagi perempuan dan diskriminasi dalam pemilihan staf berdasarkan gender.

Sumarjono Saragi, Presiden Buruh GAPKI: “Perempuan adalah elemen yang tak terbantahkan dalam industri kelapa sawit. Mereka dirantai dalam berbagai peran: karyawan, istri karyawan, anak perempuan dan – seperti yang sering kita lupakan – mereka adalah ibu dari generasi yang akan menentukan masa depan kelapa sawit.

Baca di sini panduan praktis untuk perusahaan kelapa sawit sebagai hasil penelitian kolektif tentang kondisi kerja perempuan pekerja perkebunan. Berikut adalah kontribusi dari panduan ini: Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia GAPKI, Union HUKATAN dan CNV International.

Palmyra Guide to the Protection of Women Workers (ID, Unduh PDF)

CNV International telah memeriksa kondisi kerja para pekerja di industri minyak sawit dan meminta para pemangku kepentingan untuk bergabung dengan Alliance for Change melalui dialog sosial.

Rencana langkah demi langkah telah dikembangkan untuk mencapai perubahan yang berkelanjutan. Ini menjelaskan langkah demi langkah bagaimana membantu pemegang saham dalam rantai nilai bekerja lebih baik dengan karyawan dan serikat pekerja mereka.

Tanggal Rilis 23 03 2022

READ  Mitra Bisnis Manajer Akun - Majalah Bisnis Penggalangan Dana