BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perawat IC dari Asia dalam memerangi kekurangan petugas kesehatan di dekat tempat tidur Anda? ‘Terbiasalah’

Diana Rahayu bekerja sebagai perawat di home care. Dia dari Indonesia, berbicara bahasa Belanda dan akan tinggal selama 4 tahun. Manajer perawatan kesehatan menginginkan lebih banyak profesional dari luar negeri untuk mengatasi kekurangan staf di sektor perawatan kesehatan.

Mantan direktur rumah sakit dan kepala pendanaan penelitian NWO, Marcel Levy menganjurkan untuk membawa perawat IC asing ke Belanda. Kementerian tidak mau mempekerjakan staf dari luar negeri. Sebelumnya, Dieteric Commerce dan Ernst Kuiper berencana menambah 100 tempat tidur IC.

Belajar bahasa Belanda di Indonesia

Sementara itu, perusahaan perawatan kesehatan dan rumah sakit mengambil tindakan sendiri untuk mengatasi tekanan pada perawatan kesehatan. Di Flevoland, sekelompok perawat Indonesia bekerja di home care dan panti jompo. Diana Rahayu, 24, telah bekerja di Lleistat sejak 18 November dan akan tinggal selama 4 tahun lagi.

“Saya belajar bahasa Belanda selama kurang lebih 6 bulan di Indonesia,” katanya. Dia berbicara bahasa Belanda dengan baik. Dia bekerja 2 hari dan mengikuti 2 hari studi.

Pendidikan dan pekerjaan

John Bose, direktur Woonzorg Flevoland, mampu mendatangkan 22 orang dari Indonesia melalui perusahaan perantara yang bekerja di Belanda. “Mereka melakukan pelatihan HBO-V yang terakreditasi. Selain itu, mereka dapat magang sebagai bagian dari pelatihan. Mereka juga dapat digunakan sebagai pengasuh. Sebagai pekerjaan sampingan, menghasilkan uang,” katanya.

Rahayu pernah bekerja sebagai perawat di Indonesia. Dia memiliki pekerjaan di sana, tetapi memilih Belanda yang jauh. “Saya pikir bagus untuk menghasilkan uang di Belanda. Saya pikir menghasilkan uang itu penting. Tetapi saya juga berpikir bahwa pengetahuan baru yang saya peroleh juga penting.”

Lihat juga

Diatur

Bos bilang ada lebih banyak perawat di Indonesia. Di Belanda, orang Indonesia diperbolehkan tinggal selama 4 tahun. “Setelah itu saya harus kembali ke Indonesia,” kata Rahayu. “Pelanggan sangat baik. Mereka menyambut saya. Bagus sekali!” Ada perbedaan pendapat di rumah. “Stoking kompresi dipakai di sini untuk penyakit jantung dan ginjal. Di Indonesia misalnya itu tidak terjadi. Mereka hanya minum pil air di sana.”

READ  Petugas Komunikasi - Rutgers, Utrecht/Amsterdam / Villamedia

Bos ingin mengizinkan kelompok baru orang Indonesia untuk mencari pekerjaan di Belanda, tetapi itu tidak mudah. “Masalah pasar tenaga kerja begitu besar, kadang-kadang tidak dapat dipahami sehingga membutuhkan begitu banyak upaya untuk mengaturnya. Izin, transfer pekerjaan, kementerian yang tidak terkait, undang-undang yang sudah ketinggalan zaman. Hal semacam itu.”

Ben Pollock dan Diana di EenVandaag di NPO Radio 1

‘Pegangan darurat’

Ben Polak, kepala SDM di Rumah Sakit Zyderland, ingin membawa staf dari Asia ke Belanda. “Kita perlu mengambil tindakan segera untuk melihat apakah kita dapat memaksa petugas kesehatan datang ke Belanda dari Asia dalam masalah ini,” katanya. Terbiasalah. ” “Daripada tidak memiliki siapa pun di sana, berbahagialah memiliki seseorang dari luar negeri di tempat tidur perawatan.”

Polak sedang menjajaki opsi tersebut. Bahasa, perumahan, semuanya seperti ini harus diatur dengan baik. “Kami ingin memberikan bentuknya hanya setelah semuanya disegel dengan benar. Tingkat kelayakan harus sama dengan standar Belanda. Dari segi bahasa, kami ingin B2 Belanda berada di antara staf IC dari luar negeri. Dan perumahan, tentu saja, kami tidak akan melakukan itu.”

Lihat juga

Formulir untuk rumah sakit lain

Polak tentu ingin melihat hasil jerih payahnya pada 2022. “Saya masih belum bisa mengatakan kapan, tapi kami bertemu setiap minggu. Setiap minggu kami mengeksplorasi sub-topik baru.”

Dia ingin bekerja menuju desain yang memungkinkan rumah sakit lain untuk membawa petugas kesehatan Asia ke Belanda dengan cara yang lebih baik. Zuyderland pertama berfokus pada perawat IC.

Kemiringan yang bagus

Namun kekurangannya tidak terbatas pada IC perawat. “Kalau melihat kebutuhan nasional dan kelangkaan alat tenun ke depan, sekitar puluhan, kalau tidak ratusan orang dari luar negeri, kami ingin taruh di sini.”

READ  300 orang Irak yang heroik melawan Israel untuk dinormalisasi dengan CIDI

Di Zuyderland, pada tahun 2021 akan ada sepuluh pensiunan di IC. “Dan saya bahkan tidak berbicara tentang omset lain yang saya miliki. Orang-orang akan pensiun tahun depan,” Polak menjelaskan tentang pekerjaan itu.

Lihat tren berita tentang topik ini.