BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perdagangan Irlandia Utara sedang mengalami transformasi besar

Hampir setahun setelah perjanjian Brexit mulai berlaku, perdagangan di Irlandia Utara telah mengalami transformasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Rute perdagangan lama kehilangan popularitas dan yang baru ditambahkan. Perdagangan antara Irlandia Utara dan seluruh Britania Raya menurun, sementara perdagangan dengan Republik Irlandia berkembang.

London dan Brussel telah terlibat dalam pembicaraan yang sulit selama berbulan-bulan untuk meninjau perjanjian yang ada di Irlandia Utara. Tetapi perusahaan-perusahaan Irlandia Utara tidak menunggu hasil negosiasi. Mereka telah lama beradaptasi dengan realitas ekonomi baru.

Bagian dari kesepakatan Brexit adalah apa yang disebut Protokol Irlandia Utara, yang memberi Irlandia Utara status terpisah di Inggris. Untuk melindungi perdamaian yang rapuh di Irlandia Utara, Protokol memastikan bahwa tidak ada perbatasan darat yang keras antara Irlandia Utara dan Republik Irlandia. Jadi Irlandia Utara terus mengikuti aturan pasar internal Eropa untuk barang.

Hal ini menyebabkan pembentukan perbatasan pabean antara Irlandia Utara dan Inggris Raya. Ini segera memiliki konsekuensi yang mengerikan untuk perdagangan antara Irlandia Utara dan bagian lain dari Inggris.

Ambil contoh, perusahaan transportasi Makola, yang memiliki kantor di Irlandia Utara dan Republik Irlandia. Dengan 100 truk yang mengangkut produk makanan beku ke dan dari Irlandia Utara. Perbatasan pabean baru dilengkapi dengan kontrol di pelabuhan Irlandia Utara dan dokumen tambahan untuk pengiriman makanan.

Peter Summerton, manajer McCola, menunjuk ke tumpukan besar kertas di mejanya. “Kami sebenarnya harus mengisi beberapa formulir untuk pengiriman ayam matang. Seringkali satu truk memuat banyak muatan untuk pelanggan yang berbeda. Pengemudi kami harus membawa satu buku kertas bersama mereka.”

Rintangan tahun ini telah menyebabkan penundaan, kenaikan harga dan rak kosong di supermarket Irlandia Utara. Beberapa perusahaan Inggris tidak merasakan birokrasi dan memutuskan untuk sepenuhnya menghentikan pasokan barang ke Irlandia Utara.

READ  Erdogan memulai pembangunan Bosphorus alternatif, walikota berbicara tentang penipuan

dorongan besar

Pada saat yang sama, perdagangan antara Irlandia Utara dan Republik Irlandia batch besar Saya mendapatkan. Ekspor produk Irlandia Utara ke Irlandia meningkat sebesar 60 persen, sementara ekspor perusahaan Irlandia ke Irlandia Utara meningkat sebesar 48 persen. Anehnya, ekonomi Irlandia Utara telah pulih lebih cepat Dari krisis Corona dari bagian lain Inggris.

Juga, semakin banyak perusahaan Irlandia Utara telah memutuskan untuk mengimpor produk langsung dari Uni Eropa melalui Irlandia. Di mana sebelumnya sebagian besar transportasi antara Uni Eropa dan Irlandia Utara melewati apa yang disebut Jembatan Darat Inggris, banyak perusahaan mencoba melewati rute Inggris. Misalnya, jumlah layanan feri langsung antara Irlandia dan Uni Eropa dua kali lipat tahun lalu.

Perusahaan transportasi Makula juga cepat beradaptasi dengan situasi baru. Ini akan segera membuka pusat distribusi baru di Irlandia Utara untuk mengakomodasi peningkatan perdagangan dari Uni Eropa. “Kita harus melakukannya,” kata Summerton. “Mengimpor barang melalui Inggris menghabiskan banyak uang. Lewatlah sudah hari-hari ketika Inggris menjadi department store di Irlandia Utara.”

ketakutan yang tumbuh

Lebih banyak perdagangan antara Irlandia Utara dan Irlandia: Apakah itu buruk? Tergantung pada siapa Anda bertanya. Situasi baru ini menimbulkan kekhawatiran komunitas serikat pekerja pro-Inggris. Kerusuhan meletus di lingkungan federal di beberapa kota di Irlandia Utara awal tahun ini. Unionists melihat Protokol Irlandia Utara sebagai awal dari skenario mengerikan mereka: Irlandia bersatu.

Jim Alistair adalah pemimpin Unionist Voice (TUV) tradisional dan telah menjadi wajah politik kemarahan dan frustrasi dalam komunitas serikat pekerja. Selama bertahun-tahun Alistair berada di pinggiran politik Irlandia Utara, tetapi TUV adalah salah satu partai serikat terbesar dalam jajak pendapat tahun ini.

READ  Para tersangka pembunuhan di Haiti memiliki hubungan dengan dinas keamanan AS

“Protokol Irlandia Utara telah mengubah orang Irlandia Utara menjadi orang asing di negara mereka sendiri. Jika Anda mengimpor barang dari Irlandia Utara ke Inggris, sekarang akan seperti mengimpor barang dari Brasil atau Bolivia. Ini tidak hanya tidak masuk akal, tetapi juga merusak integritas Inggris.”

Kecewa

Menurut Alistair, ini selalu menjadi niat Brussel. “Mereka sekarang menciptakan ekonomi Irlandia tunggal. Jika Anda bisa melakukan itu, serikat politik akan mengikuti. Ini adalah upaya yang disengaja untuk memecah Inggris melalui gejolak ekonomi. Anda telah berani meninggalkan Uni Eropa.”

Tidak mengherankan, kaum nasionalis pro-Irlandia menyambut baik peningkatan perdagangan antara Irlandia Utara dan Irlandia. Mereka tetap ingin mendukung Protokol Irlandia Utara. Selain itu, mereka menunjuk pada situasi khusus di mana Irlandia Utara berada. Ini memiliki satu kaki di UE dan yang lainnya di Inggris. Lokasi unik yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis Irlandia Utara, atau begitulah menurut pendapat mereka.

Namun, Peter Summerton dari McCola Air Carrier lebih suka semuanya tetap sama. “Sekarang ada lebih banyak pemeriksaan pabean di Pelabuhan Belfast daripada di Pelabuhan Rotterdam. Itu tidak benar. Ketika saya mendengar lagi bahwa London dan Brussel dalam ‘pembicaraan teknis’, saya frustrasi. Mereka perlu memahami betapa rumitnya itu.” adalah untuk memindahkan barang antara Irlandia Utara dan Inggris Raya. Mereka telah kehilangan semua visi realitas.”