BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Peringatan 8 Desember: 80 tahun yang lalu Belanda menyatakan perang terhadap Jepang

Penting

Pekerjaan kakek tidak berlangsung lama. Mereka berhasil mencapai target mereka, tetapi dalam perjalanan kembali dari pekerjaan, kapal selam melewati sebuah terowongan. “Kecuali satu anggota tim, semua orang terbunuh.” Korban kemudian menceritakan apa yang terjadi. “Mereka senang dengan serangan ke Jepang dan kemudian ada pukulan besar,” katanya. Bagian dari kapal selam itu patah menjadi dua. “Beberapa orang, termasuk kakek saya, bisa saling berteriak di jembatan. Setelah itu, mereka tidak pernah bertemu lagi.”

Untuk waktu yang lama tidak jelas apakah ini tambang Jepang atau Inggris. Puing-puing kapal selam tidak ditemukan sampai tahun 1995. “Reruntuhan ditemukan oleh penyelam dan kemudian bagian-bagiannya dipindahkan. Saat itulah menjadi jelas bahwa itu adalah tambang Jepang.” Ini adalah momen penting bagi keluarga Van Busmaker. “Ini pertanyaan yang sangat menggunung. Apakah ada kesalahan besar? Akhirnya dijawab dan kuburannya ditemukan.

Dampak

Ini memiliki efek mendalam pada ayah Busmaker. “Perang untuk ayah saya dimulai dengan kematian ayah saya. Itu berhasil selama beberapa generasi. Setelah perang usai, keluarganya kembali ke Belanda dari Indonesia. “Dengan yang miskin, yang lemah, yang sakit dan yang terpelajar, mereka kembali.” Itulah penderitaan banyak orang setelah perang. “Indo, tawanan perang Indonesia, pekerja paksa, Romawi dan wanita penghibur.”

READ  "Stok sereal memenuhi kebutuhan dunia hanya dalam 73 hari": Apa solusinya?