BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Peru mencoba memasuki 5 pasar baru di Asia untuk blueberry

Musim lalu, Peru, pengekspor blueberry terbesar di dunia, menandatangani perjanjian perdagangan yang mengekspor 162.459 ton ke 31 pasar. “Target ekspor utama blueberry Peru ke Amerika Serikat, 50% dari ekspor kita. Pasar terpenting kedua adalah Belanda. Eropa mengambil alih lebih dari 25% ekspor blueberry kita. China menempati urutan ketiga. 10%, tapi selanjutnya musim bisa 15%,” kata Luis Miguel Vegas dari Peru, manajer umum Asosiasi Produsen dan Eksportir Proberis (Proandonos).

Blueberry Peru juga diekspor ke pasar seperti Inggris, Kanada, Spanyol, Belgia, Jerman, Singapura dan Hong Kong.

Pasar baru
Blueberry Peru terus-menerus mencapai tempat-tempat baru. Pada 14 September, Kementerian Pengembangan Pertanian dan Irigasi (MIDAGRI) mengumumkan bahwa blueberry akan diekspor ke Malaysia mulai tahun ini. “Ini tidak diragukan lagi sangat positif. Harapan kami tinggi untuk semua pasar Asia Tenggara dan China. Kami percaya bahwa energi terbesar dan pertumbuhan terbesar ada di bagian dunia itu,” kata Vegas.

Menurut Louis Miguel Vegas, pihaknya sedang mencoba mengakses pasar di Peru, India, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, dan Indonesia.

Persiapan musiman
Jendela penjualan Peru berfokus pada bulan-bulan terakhir tahun ini. 90% dari ekspor blueberry terjadi antara Agustus dan Desember.

“Ekspor kami sangat penting selama periode ketika blueberry tidak tersedia di belahan bumi utara. Pada musim gugur dan musim dingin di belahan bumi utara, Peru pasti memenuhi permintaan,” kata Manajer Umum Proandonos.

Iklim Peru sangat menguntungkan untuk sektor blueberry karena memungkinkan untuk budidaya berbagai varietas. Peru memiliki 46 varian yang kuat dan beragam yang dapat memenuhi kebutuhan setiap pasar. “Jika Anda ingin mengekspor ke China, misalnya, Anda membutuhkan tipe yang dapat menahan perjalanan perahu yang panjang,” kata Vegas.

READ  Ini adalah penjelasan sederhana untuk mata hitam Marilyn di GTST

Kehidupan
Tahun lalu, 4% (6.500 ton) ekspor blueberry Peru berasal dari pertanian organik. Stok diperkirakan akan naik 9% (19.000 ton) musim depan.

Perunggu: Manajemen / agraria.pe